SerambiIndonesia/

Kafilah Aceh Bawa 53 Peserta

Kafilah Aceh memboyong 53 peserta ke Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) Tingkat Nasional Ke-6 di Jepara, Jawa Tengah, 29

Kafilah Aceh Bawa 53 Peserta
SEKDA Aceh, Dermawan (dua kanan), menyerahkan piala bergilir kepada Bupati Aceh Timur, H Hasballah bin HM Thaib, setelah kafilah tuan rumah tampil sebagai juara umum MTQ Ke-33 Aceh Tahun 2017. Penyerahan itu berlangsung pada penutupan even tersebut di Lapangan Upacara Pemkab Aceh Timur, Idi Rayeuk, Sabtu (25/11) malam. 

* Ke MQK Tingkat Nasional di Jepara

BANDA ACEH - Kafilah Aceh memboyong 53 peserta ke Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) Tingkat Nasional Ke-6 di Jepara, Jawa Tengah, 29 November-7 Desember mendatang.

Kafilah Aceh berangkat melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar menuju Jawa Tengah, Rabu (29/11).

Sebelum berangkat, kafilah yang terdiri atas 22 peserta putri dan 31 peserta putra bersama 24 pendamping dan official ini, dilepas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh, Drs HM Daud Pakeh, di Hotel Jeumpa, Banda Aceh, Selasa (28/11) malam.

Dalam sambutannya, Daud Pakeh meminta peserta untuk berusaha dan berjuang memberi yang terbaik dalam lomba baca kitab tingkat nasional tersebut. “Pada even yang sama tahun 2011, Aceh menempati posisi lima besar dan posisi ke sembilan pada tahun 2014. Mudah-mudahan kita bisa kembali mengukir prestasi gemilang pada MQK tingkat nasional tahun ini di Jawa Tengah,” ungkap Daud Pakeh.

Menurutnya, MQK tingkat nasional itu juga menjadi barometer kemampuan dan kualitas santri dayah-dayah di Aceh. “Even ini juga menjadi ajang evaluasi untuk mempertahankan eksistensi dayah Aceh di tingkat nasional. Sebab, kitab kuning adalah ruh dari pondok pesantren,” timpalnya.

Ketua Panitia, H Rusdy, menjelaskan, peserta yang diboyong ke MQKN tahun ini merupakan hasil seleksi yang dilaksanakan pihaknya beberapa waktu lalu. Disebutkan, jumlah peserta yang ikut seleksi tingkat provinsi sebanyak 368 orang yang berasal dari 19 kabupaten/kota.

“Sementara tahun sebelumnya, hanya 225 peserta dari 9 kabupaten/kota yang ikut tes tingkat provinsi. Hal itu menandakan bahwa tahun ini hampir semua kabupaten/kota mengirimkan utusan untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi,” ujar Rusdy.

Pada even tersebut, tambahnya, kafilah Aceh akan mengikuti lomba baca kitab, serta debat bahasa Arab dan Inggris pada tiga marhalah (tingkatan) yaitu Ula, Wustha, dan Ulya.(una/rel)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help