SerambiIndonesia/

Tafakur

Perjuangan Nabi SAW

Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap Allah

Perjuangan Nabi SAW

Oleh: Jarjani Usman

“Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap Allah dan (kedatangan) hari akhir serta banyak mengingat Allah” (QS. Al-Ahzab: 21)

Maulid atau kelahiran Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awwal tahun Gajah di Makkah menjadi sejarah super penting bagi umat Islam khususnya dan umat manusia umumnya. Sejak lahir hingga wafat, beliau tak henti-hentinya berada dalam perjuangan berat.

Para pelindungnya satu per satu meninggal dunia, sehingga beliau belajar berjuang dan hidup mandiri. Ayahandanya, Abdullah, meninggal dunia sewaktu Nabi Muhammad masih dalam kandungan, dan selanjutnya meninggal pula ibunya Aminah, dan kakeknya Abdul Muthallib.

Hasil belajarnya sangat fantastis. Jiwa dan semangat perjuangannya dahsyat. Dan ketika ditugaskan untuk menyiarkan Islam, banyak bermunculan penentangan dari masyarakat, termasuk para pamannya. Berbagai sogokan dan ancaman mematikan datang kepadanya, tapi beliau tetap istiqamah pada perjuangannya yang mengedepankan akhlak mulia. Hingga akhirnya, Islam menjadi agama besar, yang dianut milyaran orang, menghasilkan hamba-hamba yang taat kepada Allah, memunculkan para peneliti dari berbagai belahan dunia, menghasilkan banyak ilmuwan, dan lain-lain.

Banyak hal penting dicatat dari perjuangan Nabi SAW. Antara lain, pertama, perjuangan untuk kebenaran akan berhasil dan mendapat bantuan dari Allah, bila diniatkan dan dilakukan karena Allah. Kedua, perjuangan untuk kebenaran memerlukan proses yang istiqamah dengan akhlak mulia, dan diharapkan menghasilkan orang-orang yang berakhlak mulia pula. Tak boleh dicampur-adukkan dengan yang haram. Mencampur-adukkannya bisa merusak visi dan misi perjuangan suci. Semua itu menjadi teladan tentang cara hidup bagi orang yang benar beriman.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help