SerambiIndonesia/

Droe Keu Droe

Mengapa NIK KTP-el Sering tak Terbaca di Bank BRI?

PADA Senin (20/11/2017), saya mendatangi Bank BRI Lhokseumawe untuk membuka rekening

Mengapa NIK KTP-el Sering tak Terbaca di Bank BRI?
Ilustrasi 

PADA Senin (20/11/2017), saya mendatangi Bank BRI Lhokseumawe untuk membuka rekening. Namun ketika aplikasi perbankan tersebut dibuka, Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagaimana tertera di KTP saya tidak terbaca.

Saat saya konfirmasi ke Dukcapil setempat, NIK saya 1205xxxxx tidak ada masalah sama sekali, artinya di aplikasi kantor Dukcapil NIK tersebut aktif. Petugas Dukcapil juga memperlihatkan di layar aplikasi mereka bahwa NIK saya aktif dan juga terdata di database Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri.

Yang menjadi pertanyaan saya, data mana yang benar Dukcapil atau perbankan? Kalau kita baca di berbagai media, bukankah Kemendagri yang terbitkan NIK melalui Dukcapil di daerah. Jadi sudah seharusnya NIK aktif apabila di Dukcapil tidak bermasalah. Satu hal lagi yang juga sering dipermasalahkan oleh pihak perbankan adalah KTP yang sudah habis masa berlakunya.

Secara tertulis memang kalau habis masa berlakunya tentu tidak bisa dipergunakan lagi. Tapi sekarang sesuai Edaran Mendagri No.470/296/SJ tanggal 29 Januari 2016 disebutkan bahwa Pasal 64 ayat (7) huruf a UU No.24 Tahun 2013, mengamanatkan bahwa KTP-el untuk WNI masa berlakunya Seumur Hidup.

Selanjutnya dalam Pasal 101 huruf c UU No.24 Tahun 2013, diamanatkan bahwa KTP-el yang sudah diterbitkan sebelum UU No.24 Tahun 2013 ditetapkan berlaku Seumur Hidup. Dengan demikian, KTP-el yang diterbitkan sejak 2011 berlaku Seumur Hidup, dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlaku.

Demikian semoga pihak Bank BRI dan perbankan lainnya dapat mengklarifikasi terkait masalah ini. Terima kasih.

Identitas penulis
diketahui Redaksi

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help