SerambiIndonesia/

Hiu Ini Meronta-ronta di Pinggir Pantai, Akhirnya Mati Tersedak Bukuem

ikan buntal durian dikenal juga sebagai ikan balon karena tubuhnya yang bisa mengembang saat mereka merasa terancam

Hiu Ini Meronta-ronta di Pinggir Pantai, Akhirnya Mati Tersedak Bukuem
Google.com
Tidak ada pemenang dalam bentrokan mematikan antara hiu dan ikan landak. 

SERAMBINEWS.COM - Sungguh sial hiu ini. Keinginannya untuk segera menyantap mengsanya justru berakhir naas. Ia justru mati tercekik akibat tidak mampu menelan ikan buntal durian (bukuem).

Bangkai keduanya ditemukan pada 21 April 2017 lalu di perairan tropis dekat Maladewa, sebuah negara kepulauan di Samudra Hindia. 

Dari foto beredar memperlihatkan setengah badan bukuem itu tersangkut di rahang hiu.

Bangkai kedua hewan laut ini sempat diamati oleh ahli biologi laut independen, Lauren Arthur.

Arthur mengetahui terdamparnya hiu ini melalui seorang tukang kebun di resor Amilla Fushi di Maladewa yang melihat seekor hiu meronta-ronta di dekat pantai.

Namun, saat Arthur tiba di sana, hiu itu sudah mati.

Arthur kemudian mengidentifikasi hiu itu sebagai hiu Lemon dan ikan yang masih berada di rahangnya adalah ikan buntal durian yang masuk dalam keluarga Diodontidae.

Hiu Lemon (Negaprion acutidens) memang sering berkunjung ke laguna dangkal di Baa Atoll. Perairan itu juga merupakan rumah bagi populasi Diodontidae yang besar.

Hiu Lemon bisa tumbuh hingga tiga meter dengan berat mencapai 250 kilogram. Namun, spesies yang ditemukan ini masih relatif muda karena berukuran kurang lebih satu meter.

Sementara itu mangsanya, ikan buntal durian dikenal juga sebagai ikan balon karena tubuhnya yang bisa mengembang saat mereka merasa terancam.

Halaman
12
Editor: Zaenal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help