Haji Uma Pimpin Delegasi DPD RI ke Sumatera Utara

Ia juga mengingatkan sinergisitas antara pemerintah daerah dengan anggota DPD RI harus lebih kuat.

Haji Uma Pimpin Delegasi DPD RI ke Sumatera Utara
SERAMBINEWS.COM/FIKAR W EDA
Senator Aceh Sudirman alias Haji Uma saat bertemu Wagub Sumut Nur Marpaung di Kantor KONI Pusat, Jakarta, Rabu (28/11/2017) di sela-sela pendaftaran Sumut dan Aceh sebagai calon tuan rumah PON XXI Tahun 2024. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA -- Anggota DPD RI asal Aceh, H. Sudirman alias Haji Uma pimpin kunjungan kerja Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI ke Sumatera Utara.

Di Ibukota Provinsi Sumut, Medan, Haji Uma menggelar pertemuan dengan pegawai Kantor Sekretariat Perwakilan DPD setempat, Selasa (12/12/2017).

Haji Uma yang juga menjabat unsur pimpinan Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) DPD RI, menegaskan agar kantor sekretariat perwakilan DPD RI di seluruh Indonesia memberikan kinerja terbaik, tidak saja dalam membantu kerja anggota DPD RI di daerah, tapi juga memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah.

(Baca: Haji Uma Kirim Surat ke Kapolri, Isinya Tentang Ini)

Haji Uma juga berharap kantor sekretariat perwakilan DPD RI di daerah juga memiliki sistem pusat data berisi informasi perkembangan aktual dan permasalahan lintas sektoral.

"Hal ini penting, karena selain mendukung optimalisasi kerja dan kinerja para anggota DPD sendiri, berbagai data dan informasi tersebut juga dapat bermanfaat kepada masyarakat dan daerah," ujar Haji Uma.

Ia juga mengharapkan sekretariat kantor perwakilan DPD RI di daerah juga dapat memberi ruang bagi penyelesaian berbagai persoalan yang timbul dalam masyarakat.

"Misalnya soal kekeliruan klaim batas wilayah oleh Provinsi Sumut terhadap wilayah Aceh Singkil sebelumnya. Karena DPD RI berisi perwakilan seluruh provinsi di Indonesia, jadi mudah untuk dikomunikasikan dan selanjutnya ditindaklanjuti dengan pemerintah daerah terkait," demikian Haji Uma.

Ia juga mengingatkan sinergisitas antara pemerintah daerah dengan anggota DPD RI harus lebih kuat.

"DPD RI adalah perpanjangan tangan daerah dalam menyampaikan berbagai aspirasi dan kepentingan daerah kepada pemerintah pusat," ujarnya.

(Baca: Haji Uma: Wagub Sumut sudah Revisi Batas Wilayah)

Sementara itu, terkait dengan pembangunan kantor perwakilan DPD secara permanen di daerah, Haji Uma menjelaskan, Sekretariat Jenderal DPD RI hanya mengalokasikan dana pembangunan gedung bersumber dari APBN, sedangkan lahan berasal dari pemerintah daerah.

"Jadi konsepnya sinergi antara pusat dan daerah dalam pembangunan kantor sekretariat DPD RI di setiap daerah. Saat ini di beberapa provinsi sudah terbangun dengan pola kerjasama pusat dan daerah tersebut," tutup Haji Uma. (*)

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help