Opini

Sindrom FoMO Penyakit  Sosial Zaman Now

HIDUP di abad modern ini, gadget atau Android menjadi satu kebutuhan primer masyarakat. Media sosial (medsos) sudah menjadi satu

Sindrom FoMO Penyakit  Sosial Zaman Now
google/net
Media Sosial 

Oleh Devi Susanti

HIDUP di abad modern ini, gadget atau Android menjadi satu kebutuhan primer masyarakat. Media sosial (medsos) sudah menjadi satu “menu wajib” bagi anak muda. Tidak bisa dipungkiri fasilitas canggih ini telah memberikan kemudahan untuk akses informasi, memudahkan bersosialisasi dan berkomunikasi antara satu sama lainnya kapan pun dan di mana pun, tanpa dibatasi oleh sekat ruang dan waktu.

Kehadiran telepon pintar (smart phone) nan canggih ini telah menciptakan gaya hidup baru bagi masyarakat. Di zaman serba digital ini masyarakat bisa melakukan banyak hal hanya melalui ujung jari. Kita bisa melihat di sekeliling kita masyarakat telah sangat akrab seolah tidak terpisahkan dengan sahabat karib bernama Android itu.

Di antara berbagai macam aplikasi dalam Android, medsos telah mengambil peranan yang sangat besar di hati masyarakat, terutama kawula muda. Medsos telah mampu menciptakan ruang interaksi yang lebih luas, menambah relasi, menjadi sumber penghasil pundi-pundi rezeki, bahkan mampu mendekatkan orang yang terpisah oleh jarak yang jauh.

Namun, di antara banyaknya manfaat medsos itu, tidak saja membawa dampak positif bagi masyarakat, akan tetapi efek negatifnya juga ada. Ini terjadi karena menggunakan medsos secara tidak wajar. Tulisan ini tentu bukan untuk menolak pentingnya fasilitas medsos buat kita, namun tulisan ini semacam warning untuk kids zaman now yang keblablasan dalam penggunaan medsos.

Penyimpangan psikis
Indonesia termasuk satu negara dengan pengguna media terbesar di dunia. Belakangan ini banyak sekali pengguna medsos yang secara sadar atau tidak, telah jatuh dalam buaian kenikmatan dunia maya. Pada saat berselancar di internet, penulis menemukan informasi bahwa penggunaan medsos secara tidak wajar bisa menyebabkan ketidakseimbangan dalam hidup, bahkan ditahap yang lebih parah bisa menyebabkan gangguan jiwa.

Lebih jauh penulis telusuri ternyata penyakit yang dialami oleh kids zaman now itu bernama Sindrom FoMO (Fear of Missing Out). FoMO adalah sebuah gejala psikologis takut ketinggalan berita terbaru. Istilah zaman now “takut gak update”.

FoMO dianggap salah satu penyakit bagi para pengila medsos. Hal ini disimpulkan dari hasil studi yang dilakukan pada Februari-Mei 2017 oleh RSPH (Royal Society of Public Health), yaitu sebuah lembaga independen untuk kesehatan masyarakat di Britania Raya, Inggris.

Hasil survei tersebut menyebutkan 40% pengguna medsos mengidap penyakit FoMO. Kepala Eksekutif RSPH Shirley Cramer CBE mengatakan, “Media sosial lebih membuat kecanduan ketimbang rokok dan alkohol yang merasuki kehidupan anak muda, sulit mengabaikan Media sosial ketika bicara maslah mental anak muda”.

Masih dari hasil survei itu, juga dipaparkan sebuah hasil bahwa dari lima medsos yang paling populer di dunia, Youtube dianggap sebagai medsos paling sehat dan Instagram dianggap sebagai medsos paling buruk bagi penggila medsos.

Halaman
123
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help