Ini Tempat Wisata yang Mengajarkan Kita Mengenal Banyak Kode, di Yogyakarta

Museum sandi atau Code Museum kini menjadi salah satu tempat wisata ilmu pengetahuan dan sejarah bagi wisatawan yang datang ke Yogyakarta

Ini Tempat Wisata yang Mengajarkan Kita Mengenal Banyak Kode, di Yogyakarta
sumber: museum.lemsaneg.go.id

Diantara banyak museum yang dapat dijadikan sebagai tujuan wisata di Yogyakarta, terdapat satu museum yang menarik untuk dikunjungi, Museum Sandi. Museum sandi atau Code Museum kini menjadi salah satu tempat wisata ilmu pengetahuan dan sejarah bagi wisatawan yang datang ke Yogyakarta.

Didirikan atas usulan Kepala Lembaga Sandi Negara dan Sri Sultan Hamengku Bawono X di tahun 2006 yang lalu. Baru diresmikan dan dibuka untuk umum pada tahun 2008, Museum Sandi baru saja menempati gedung baru yaitu gedung milik AURI yang sudah tidak terpakai di daerah Kotabaru, yang sangat dekat dengan pusat kota Yogyakarta.

Berikut keseruan berkunjung ke tempat wisata di Yogyakarta yang satu ini.

1. Kisah Bapak Sandi Indonesia

Lantai satu dari museum sandi ini lebih didominasi dengan cerita kehidupan dari dr. Roebiono Kertopati, yang dikenal juga dengan Bapak Sandi Negara Republik Indonesia.

Di tempat ini diceritakan bagaimana kisah dr. Roebiono Kertopati memulai pengenalan bahasa-bahasa sandi yang digunakan Indonesia di masa lalu. Singkat cerita, setelah menyatakan kemerdekaannya, bahasa sandi yang digunakan oleh Indonesia sangat mudah diketahui oleh pihak lawan atau negara asing.

Dr. Roebiono Kertopati saat itu berinisiatif untuk membentuk sandi baru yang ditulis dalam enam buah buku dan berisikan sekitar 10.000 bahasa sandi.

sumber:
sumber: (museum.lemsaneg.go.id)

Selain itu terdapat juga cerita-cerita tentang proses pengangkatan dr. Roebiono Kertopati sebagai Bapak Sandi Negara Indonesia.

Tidak hanya tentang dr. Roebiono Kertopati saja yang diceritakan di lantai pertama Code Museum ini, namun terdapat juga beberapa benda-benda bersejarah lainnya seperti sepeda yang biasa digunakan oleh kurir saat mengirimkan sandi-sandi kepada pihak yang terlibat di masa awal kemerdekaan.

2. Koleksi mesin-mesin sandi dari negara lain

Halaman
12
Editor: iklan@serambinews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved