SerambiIndonesia/

Tafakur

Kepentingan Besar

Tidak beriman seorang dari kalian hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri

Kepentingan Besar

Oleh: Jarjani Usman

“Tidak beriman seorang dari kalian hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri” (HR. Bukhari & Muslim).

Membela Palestina yang terus dicaplok wilayahnya dan dibunuh orang-orangnya oleh penjajah Israel merupakan kewajiban bagi setiap orang beriman. Pasalnya, di samping membela saudara seiman dari segala bentuk penindasan pihak lain, juga kita sendiri sebagai Muslim punya kepentingan besar di sana.

Wilayah yang dipertahankan oleh rakyat Palestina adalah tempat suci dan bersejarah bagi orang Muslim dunia. Di sana terdapat Masjidil Aqsa. Dulu bahkan Masjid Al Aqsa pernah menjadi kiblat shalatnya orang-orang Muslim, sebelum dipindahkan ke Kabah di Makkah. Bisa dibayangkan apa jadinya bila masjid yang sangat bersejarah tersebut berada dalam wilayah kekuasaan Israel, yang bukan hanya susah diziarahi juga kemungkinan besar bisa dirobohkan untuk menghilangkan identitas dan sejarah Islam di sana.

Selanjutnya, bila wilayah Palestina habis dikuasai, maka ada kemungkinan besar penguasaan terhadap wilayah-wilayah lain yang dihuni oleh orang-orang Muslim lainnya, tak terkecuali Indonesia. Hal itu bukan mustahil terjadi, apalagi pernah terjadi dalam sejarah. Saat banyak negara Muslim telah lemah, maka akan mudah memperluas penguasaan negeri-negeri lain.

Bahkan, bila sudah sedikit negeri Muslim kuat tersisa, akan tidak mampu menolong saudara-saudaranya lagi. Kalau sekarang, kita masih bisa membantu walau dengan uang, doa-doa, dan demonstrasi-demonstrasi, akan berkemungkinan tak boleh lagi dilakukan bila negara sudah dicengkeram kuat dengan peraturan-peraturan timpang yang dibuat berdasarkan persetujuan negara-negara penjajah lainnya.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help