SerambiIndonesia/

Sindrom Penyakit Langka Marsili, Keluarga Ini Tak Bisa Merasakan Rasa Sakit

Hal inilah yang dirasakan oleh sebuah keluarga di Italia. Seorang perempuan Italia, dua anak perempuannya, dan tiga cucunya

Sindrom Penyakit Langka Marsili, Keluarga Ini Tak Bisa Merasakan Rasa Sakit
Keluarga Marsili yang tinggal di Italia ini tak bisa rasakan sakit. Para ilmuwan kini temukan sebabnya. 

SERAMBINEWS.COM - Apa jadinya jika kita tak bisa merasakan sakit? Mungkinkah kita akan seperti Superman yang bisa menghadapi apa saja?

Sayangnya bukan itu yang terjadi, justru kita tak bisa merasakan jika tubuh terluka. Tentu ini bisa menjadi bahaya, karena bisa jadi saat mengalami masalah serius kita tak menyadarinya.

Hal inilah yang dirasakan oleh sebuah keluarga di Italia. Seorang perempuan Italia, dua anak perempuannya, dan tiga cucunya punya masalah dalam merasakan sakit.

Mereka tak bisa merasakan suhu. Bahkan beberapa kali mematahkan tulang mereka tanpa sadar.

Sebelumnya, tak ada yang tahu mengapa keluarga tersebut mengalami hal aneh ini. Tapi kini para ilmuwan mampu menjawabnya.

Baca: Wanita Ini Derita Penyakit Langka, Sudah 10 Tahun Tubuhnya Kaku Tak Dapat Bergerak

Dengan mempelajari genetika keluarga unik ini dan tikus, para peneliti yang diketuai oleh Dr Abdella Habib dari Qatar University berpikir bahwa mereka telah menemukan gen yang bertanggung jawab atas ketidakpekaan keluarga ini terhadap rasa sakit.

Peneliti pun berharap apa yang mereka temukan bisa membantu orang lain mengobati rasa sakit kronis.

"Analisis genetik keluarga manusia dengan sindrom Marsili, sebuah kelangkaan dan mungkin fenotip ketidakpekaan sakit yang unik, dan pemodelan tikus menunjukkan ZFHX2 sebagai gen kritis untuk persepsi rasa sakit yang normal," tulis para peneliti dalam jurnal Brain dikutip dari Gizmodo, Kamis (14/12/2017).

Nama Marsili yang digunakan untuk sindrom ini sendiri diambil dari keluarga di Italia tersebut.

Halaman
12
Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help