BBPOM Aceh Periksa Makanan dan Minuman

Tim Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh bersama Dinkes Bireuen, Dinas Ketahanan Pangan

BBPOM Aceh Periksa Makanan dan Minuman
TIM Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh bersama Dinkes Bireuen, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan serta Dinas Penanaman Modal, Perdagangan Koperasi dan UKM Bireuen, Selasa (19/12), turun ke Suzuya Mall Bireuen. Kehadiran mereka untuk memeriksa penjualan berbagai jenis makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa. 

BIREUEN - Tim Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh bersama Dinkes Bireuen, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan serta Dinas Penanaman Modal, Perdagangan Koperasi dan UKM Bireuen, Selasa (19/12), turun ke Suzuya Mall Bireuen. Kehadiran mereka untuk memeriksa berbagai jenis makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa tapi masih diperdagangkan.

Amatan Serambi, Kepala BBPOM Aceh, Drs Zulkifly naik ke lantai dua bersama tim, kemudian melihat kemasan berbagai jenis minuman. Selain dilihat secara dekat juga diperiksa melalui konten Cek Klik atau cek kemasan, label, izin usaha, dan kedaluwarsa. Seusai memeriksa makanan dan minuman ringan dilanjutkan ke ruangan penjulan hasil laut kemasan, seterusnya ke bagian penjualan minyak goreng dan beras.

Tim didampingi Store Manajer Suzuya Said Azwar. Setelah memeriksa beberapa item barang dagangan lainnya, Zulkifli kepada Serambi mengatakan, hasil pemeriksaan belum ditemukan barang yang kedaluwarsa. Walaupun demikian, Kepala BBPOM Aceh itu mengingatkan masyarakat atau konsumen sebelum membeli terutama produk makanan dan minuman memeriksa dulu catatan kedaluwarsa, izin usaha industri, dan kemasan sehingga konsumen tidak dirugikan.

Kepada pihak Suzuya diharapkan setiap jenis makanan atau minuman yang dijual hendaknya mencantumkan izin industri serta memasang label tanggal kedaluwarsa pada jenis makanan dan minuman yang diperjualbelikan. Kadiskes Bireuen dr Amir Addani M Kes mengatakan, kehadiran BPOM Aceh untuk mempertegas kepada para pedagang agar tidak menjual makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa.

Sementara itu, Store Manajer Suzuya Mall Bireuen, Said Azwar mengatakan, makanan atau minuman yang sudah kedaluwarsa digudangkan dan tidak diperdagangkan lagi. Setiap hari dilakukan pengecekan pada produk untuk memastikan kapan tanggal kedaluwarsa.(yus)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved