SerambiIndonesia/

Beli Rumah Bukan Sekedar Mimpi Bagi Kaum Milenial, Begini Kata Ahli Keuangan

Namun, dengan menilik gaya hidup mereka yang mengedepankan pengalaman, ada kekhawatiran generasi milenial akan sulit

Beli Rumah Bukan Sekedar Mimpi Bagi Kaum Milenial, Begini Kata Ahli Keuangan
google.com
milenial 

SERAMBINEWS.COM - Generasi milenial saat ini merupakan peluang besar bagi industri properti nasional. Pasalnya, dengan jumlah generasi yang rata-rata berusia 25-35 tahun ini yang sekira mencapai 40 persen dari jumlah populasi, permintaan akan hunian semakin meningkat pula.

Namun, dengan menilik gaya hidup mereka yang mengedepankan pengalaman, ada kekhawatiran generasi milenial akan sulit untuk membeli rumah. Apalagi, harga rumah juga meningkat sangat cepat dibandingkan kenaikan penghasilan.

Baca: Senang Investasi Pengalaman, Milenial Lebih Memilih Traveling Ketimbang Beli Rumah?

Lalu, bagaimana caranya agar generasi milenial dapat membeli rumah dengan cepat?

Menurut perencana keuangan dari OneShildt Financial Planning, Agustina Fitri, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh generasi milenial.

"Yang paling cepat adalah mencari rumah sesuai dengan kemampuan," ujar Fitri pada seminar "Dukungan Akses Perbankan Terhadap Program Sejuta Rumah" di Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Baca: Manajemen Generasi Milenial

Fitri pun menyatakan bahwa generasi milenial sebaiknya tidak menunda untuk membeli rumah. Pasalnya, semakin ditunda, maka harga rumah akan semakin naik.

Selain itu, generasi milenial juga harus menyesuaikan penghasilan agar dapat membeli rumah impian. Untuk itu, langkah pertama adalah dengan menentukan kriteria hunian yang diinginkan, kemudian survei harganya.

"Misalnya rumah impian saya harganya Rp 1 miliar. Bagaimana caranya saya punya rumah Rp 1 miliar itu," ungkap Fitri.

Halaman
12
Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help