BPKS Bina Puluhan Pelaku UKM

Untuk meningkatkan kapasitas pelaku industri dan perdagangan, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas

BPKS Bina Puluhan Pelaku UKM
www.bpks.go.id

SABANG - Untuk meningkatkan kapasitas pelaku industri dan perdagangan, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) memberikan pembinaan kepada puluhan pelaku UKM di Kota Sabang, Selasa (19/12).

Pelatihan itu dimaksudkan untuk mempersiapkan para pelaku UKM di Sabang ini agar dapat bersaing dan berkreasi dalam menciptakan produk-produk yang dihasilkan di Sabang punya berdaya daya di pasaran. Pada kegiatan yang berlangsung selama sehari, 19-20 Desember 2017, di Mata Ie Resort, BPKS menghadirkan narasumber dari berbagai bidang seperti dari Kadin Aceh, Kementerian Luar Negeri, Bea dan Cukai Kota Sabang serta pengusaha UKM.

Kepala BPKS Fauzi Husin, melalui Deputi Komersial dan Investasi, Syafruddin Chan mengatakan, kegiatan forum pembinaan pelaku usaha dilaksanakan dalam rangka mendorong dan mengajak para pelaku usaha yang tergabung dalam wadah UKM di Kota Sabang, untuk proaktif dan bahu-membahu membangun ekonomi kawasan Sabang.

“Dari kegiatan ini diharapkan pelaku UKM dapat mendapatkan pencerahan bagaimana menciptakan sesuatu agar dapat menjadi sebuah produk yang diminati,” kata Syafruddin Chan, saat membuka kegiatan itu.

Chan menambahkan, para pelaku UKM dibina dan diberikan motivasi agar memproduksi souvenir unik khas Sabang yang nantinya dijadikan oleh-oleh bagi wisatwan yang berkunjung ke Pulau Weh.

Sedangkan untuk bidang perdagangan, para peserta diajarkan cara mengimpor barang bebas bea dalam partai kecil agar dapat dijual kembali ke Sabang. “Jadi mereka diajarkan bagaimana tata cara belanja online dari situs luar negeri yang digagas Bea dan Cukai, sehingga barang yang diimpor bisa bebas pajak,” jelasnya. Karenanya Chan berharap melalui kegiatan itu para peserta semakin berperan dalam menggerakkan ekonomi di kawasan Sabang.(aji/rel)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved