Tafakur

Bersemangat

“Bersemangatlah terhadap hal-hal yang berguna bagimu, mohonlah pertolongan kepada Allah, dan jangan menjadi

Bersemangat

Oleh: Jarjani Usman

“Bersemangatlah terhadap hal-hal yang berguna bagimu, mohonlah pertolongan kepada Allah, dan jangan menjadi lemah” (HR. Muslim).

Sepantasnya kita umat Islam sangat bersemangat dalam hidup ini. Soalnya, kita hidup dengan kegiatan-kegiatan dalam lumbung pahala siang dan malam.

Tidur untuk beristirahat berpahala. Bangun setelah beristirahat juga berpahala. Mencari nafkah untuk kepentingan diri sendiri dan keluarga juga berpahala. Apalagi kalau beribadah, yang wajib maupun yang sunat, tentunya banyak disediakan pahala.

Bila bersabar dalam kebaikan dan suatu kesusahan, kita memperoleh pahala. Berniat berbuat baik, walaupun belum melaksanakannya, kita diberikan pahala. Apalagi kalau mewujudkan perbuatan baik yang telah diniatkan itu dalam kenyataan, pahalanya lebih banyak lagi.

Bila perbuatan baik kita ditiru oleh orang lain, kita berpahala. Mengingatkan orang lain untuk berbuat baik atau melarang orang lain berbuat jahat, kita memperoleh pahala. Bila membantu orang lain berbuat baik, kita berpahala. Makan dan minum pun kita diberikan pahala, asalkan dimakan yang halal dan dicari dengan cara yang halal pula. Bahkan menyalurkan hasrat batin pada isteri yang sah, kita berpahala.

Sungguh beruntung menjadi orang Muslim. Sebaliknya, alangkah ruginya menjadi Orang muslim yang tidak mau meraup pahala yang begitu banyak disediakan oleh Allah SWT di dunia ini. Sepatutnya kita bersemangat setiap hari dalam meraih banyak pahala dari Allah.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help