Kadis PMG Paling Diminati, DSI Sepi

Dari 350 pejabat yang lulus seleksi administrasi untuk ikut tes jabatan eselon II di jajaran Pemerintah Aceh

Kadis PMG Paling Diminati, DSI Sepi
Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, MBA. 

BANDA ACEH - Dari 350 pejabat yang lulus seleksi administrasi untuk ikut tes jabatan eselon II di jajaran Pemerintah Aceh, yang paling diminati adalah posisi kepala dinas (kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (PMG) dengan jumlah pelamar mencapai 45 orang. Sedangkan yang paling sedikit, Dinas Syariah Islam (DSI), hanya empat pelamar.

Wakil Ketua Panitia Seleksi Pejabat Eselon II Pemerintah Aceh, Prof Dr Jasman J Ma’aruf SE didampingi dua anggota pansel, Makmur Ibrahim dan Marwan Sufi kepada Serambi, Rabu (20/12) menjelaskan, banyaknya pelamar untuk jadi Kadis PMG karena pelamarnya dari berbagai disiplin ilmu seperti insinyur pertanian, peternakan, perikanan, teknik, ekonomi, hukum, sospol, sosial, agama, dan lainnya.

Sedangkan untuk Kepala Dinas Syariat Islam (DSI), sedikitnya jumlah pelamar karena pejabat yang berstatus sarjana agama atau yang sangat mendalami syariat Islam masih terbatas.

Selain Dinas PMG, Dinas Pertanian Pangan Aceh pelamarnya menduduki terbanyak kedua mencapai 39 orang. Faktor penyebabnya, menurut Jasman sama dengan Dinas PMG. Sedangkan posisi ketiga jumlah pelamar terbanyak adalah Dinas Pendidikan. “Untuk jabatan Kadis Pendidikan, pejabat yang ikut banyak mantan kadisdik dari kabupaten/kota maupun yang masih menjabat dan para kabid yang sudah cukup pangkat dan usia belum lewat,” katanya.

Untuk jabatan staf ahli gubernur bidang pemerintahan, hukum, dan politik pelamarnya lima orang, Begitu juga untuk jabatan Kepala Sekretariat Lembaga Wali Nanggroe tercatat lima pelamar.

Sedangkan untuk jabatan direktur rumah sakit, lima orang melamar untuk direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) sedangkan direktur RSJ dan RSUZA lebih banyak.

Terkait pelamar yang tidak lulus administrasi, sebut Jasman J Ma’aruf, jumlahnya mencapai 25 orang. Mereka tidak lulus disebabkan antara lain usia sudah lewat, pangkat belum cukup, belum ada izin dari pejabat pembina kepegawaian/pejabat yang diberikan kewenangan untuk itu.

Pelamar yang sudah lulus seleksi administrasi, kata Jasman akan mengikuti ujian tulis, wawancara, tes simulasi diskusi kelompok tanpa pemimpin dan evaluasi track record curikulum vite pejabat yang bersangkutan.

Jadwal ujian tulis pada 23 Desember 2017 di Gedung PKP2A IV LAN Aceh lantai IV, Jalan Dr Mr Teuku Muhammad Hasan, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar. Sedangkan wawancara dijadwalkan 24-30 Desember 2017 di lantai II Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Aceh. Tes Lerderless Group Discussion (LGD), 24-30 Desember 2017 juga di lantai II Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Aceh.(her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help