Advertorial

Komitmen 60 Tahun Mengabdi untuk Kesejahteraan Bangsa

PT Pertamina (Persero) terus berupaya memberikan kontribusi terbaik bagi kesejahteraan bangsa di berbagai bidang

Komitmen 60 Tahun Mengabdi untuk Kesejahteraan Bangsa - komitmen-60-tahun-mengabdi-untuk-kesejahteraan-bangsa_20171222_192652.jpg
Istimewa
Komitmen 60 Tahun Mengabdi untuk Kesejahteraan Bangsa
Komitmen 60 Tahun Mengabdi untuk Kesejahteraan Bangsa - komitmen-60-tahun-mengabdi-untuk-kesejahteraan-bangsa_20171222_192713.jpg
Istimewa
Komitmen 60 Tahun Mengabdi untuk Kesejahteraan Bangsa
Komitmen 60 Tahun Mengabdi untuk Kesejahteraan Bangsa - komitmen-60-tahun-mengabdi-untuk-kesejahteraan-bangsa_20171222_192808.jpg
Istimewa
Komitmen 60 Tahun Mengabdi untuk Kesejahteraan Bangsa
Komitmen 60 Tahun Mengabdi untuk Kesejahteraan Bangsa - komitmen-60-tahun-mengabdi-untuk-kesejahteraan-bangsa_20171222_192731.jpg
Istimewa
Komitmen 60 Tahun Mengabdi untuk Kesejahteraan Bangsa
Komitmen 60 Tahun Mengabdi untuk Kesejahteraan Bangsa - komitmen-60-tahun-mengabdi-untuk-kesejahteraan-bangsa_20171222_192835.jpg
Istimewa
Komitmen 60 Tahun Mengabdi untuk Kesejahteraan Bangsa

SERAMBINEWS.COM - PT PERTAMINA (Persero) terus berupaya memberikan kontribusi terbaik bagi kesejahteraan bangsa di berbagai bidang kehidupan. Selama 60 tahun mengabdi, Pertamina hadir di tengah-tengah masyarakat dan turut berkembang bersama bangsa. Sebagai Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di sektor energi terintegrasi, Pertamina terus menunjukan kontribusi dan komitmennya terhadap pembangunan berkelanjutan (sustainable development) melalui berbagai program tanggung jawab sosial dan lingkungan (corporate social responsibility/ CSR).

Komitmen 60 Tahun Mengabdi untuk Kesejahteraan Bangsa
Komitmen 60 Tahun Mengabdi untuk Kesejahteraan Bangsa (Istimewa)

Komitmen tersebut diwujudkan Pertamina melalui empat pilar program CSR yaitu peningkatan kualitas pendidikan (Pertamina Cerdas), Kesehatan (Pertamina Sehat), Lingkungan Hidup (Pertamina Hijau), dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Pertamina Berdikari). Pertamina memandang CSR sebagai salah satu wujud bakti bagi bangsa, dengan harapan dapat bermanfaat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Program CSR Pertamina dijalankan di semua unit operasi perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia, tak terkecuali di wilayah kerja Marketing Operation Region (MOR) I yang terbentang dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, hingga Kepulauan Riau. Pertamina MOR I berkomitmen secara berkesinambungan untuk bekerja membangun kemandirian rakyat melalui berbagai program CSR di bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Saat ini, ratusan UKM telah bergabung menjadi mitra binaan Pertamina dan tersebar di seluruh wilayah MOR I. Tercatat beberapa mitra binaan uggulan di wilayah MOR I yang dianggap berhasil dalam meningkatkan kesejahteraan dan memberikan manfaat bagi kemandirian masyarakat, antara lain:

UKM Sulaman Ambun Suri
UKM Sulaman Ambun Suri merupakan mitra binaan Pertamina MOR I yang bergerak di industri kerajinan bordir dan sulaman. Adalah Ida Arleni wanita kreatif yang menjadi sosok dibalik kesuksesan UKM yang telah menjadi mitra binaan Pertamina MOR I sejak tahun 2015. UKM yang terletak di kota Bukit Tinggi, Sumatera Barat ini, memperoleh bantuan berupa modal awal sebesar Rp 40.000.000 dari Pertamina dan saat ini berhasil memperoleh omset hingga Rp 50.000.000per bulan.

UKM Sulaman Putri Ayu
Dengan bantuan modal awal sebesar Rp 15.000.000, Desi Oktavia dan tim berhasil menyulap UKM Sulaman Putri Ayu menjadi salah satu mitra binaan terbaik Pertamina di kota Bukittinggi. UKM Sulaman PutriAyu mengandalkan produk sulaman yang disulam langsung menggunakan tangan. Produk unggulan yang dihasilkan antara lain, Sulaman Suji Kaia, Sulaman Kapalo Samek, Sulaman Terawang, dan Sulaman Kerancang. Kini UKM Sulaman Putri Ayu berhasil memperoleh omset mencapai Rp 25.000.000 per bulan.

UKM Songket Keluarga
UKM Songket Keluarga memproduksi berbagai produk kerajinan dari kain tenun tradisional khas Kabupaten Batubara dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp 50.000 untuk Peci hingga yang tertinggiRp 750.000 untuk produk Kain Tenun Batubara dan Selendang Motif siap pakai. Saat ini UKM Songket Keluarga berhasil memperoleh omsetsebesar Rp 12.000.000 per bulan.

UKM Batik Az-Zahra
Terletak di Kota Medan, UKM Batik Az-Zahra menjadi mitra binaanPertamina yang memproduksi beraneka macam motif Batik Khas Medan dengan harga yang terjangkau. Herleni dan tim juga berhasil mengolah bantuan modal awal sebesar Rp 30.000.000 menjadi penghasilan dengan omset Rp 20.0000.000 hingga Rp 30.000.000 per bulannya.

UKM Tenun Batak Batik Melayu
Didirikan oleh Tin Reihani Batubara, UKM Tenun Batak Batik Melayu yang terletak di Kota Medan memproduksi berbagai barang tenun dan fashion batik melayu, seperti kain tenun, baju, tas, dan dompet yangdijual dengan harga terjangkau, berkisar diantara Rp 150.000 hingga Rp 600.000.

UKM Aroma Food
Salah satu mitra binaan unggulan Pertamina yang terletak di Kota Banda Aceh dan bergerak di bidang industri pengolahan makanan ringan berbahan dasar ikan. UKM Aroma Food menjual 12 jenis produk makanan olahan berbahan dasar ikan, mulai dari abon ikan, kerupuk tiram, sosis ikan, nugget ikan hingga otak-otak. Saat ini, UKM Aroma Food sukses meraih omset hingga Rp 50.000.000 per bulan.

Pertamina berharap melalui komitmen di bidang PemberdayaanEkonomi Masyarakat, dapat membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat menjadi sinergitas positif antara Pertamina, pemerintah, dan masyarakat.(*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help