KPA Meulaboh Pilih Ketua Baru

Perpecahan di tubuh KPA Meulaboh semakin tajam. Ini terlihat dengan diselenggarakannya musyawarah untuk memilih

KPA Meulaboh Pilih Ketua Baru
PANITIA pemilihan Ketua KPA Wilayah Meulaboh Aceh Barat menghitung kertas suara di Gedung Diklat SKB Lapang, Meulaboh, Kamis (21/12). 

* Tolak Keputusan Mualem Menunjuk Samsul

BANDA ACEH - Perpecahan di tubuh KPA Meulaboh semakin tajam. Ini terlihat dengan diselenggarakannya musyawarah untuk memilih ketua yang baru, Kamis (21/12), di Gedung Diklat SKB Lapang.

Padahal sebagaimana diketahui, Ketua KPA Pusat, Muzakir Manaf alias Mualem, sebelumnya telah menunjuk Samsul Bahri untuk menggantikan posisi Jauhari yang telah mundur dari Ketua KPA Meulaboh.

Musyawarah pemilihan ketua baru itu juga sebagai bentuk protes dan penolakan atas keputusan Mualem yang dinilai tidak demokratis, karena melakukan penunjukan secara sepihak, tanpa melalui proses musyawarah.

“Pelaksanaan musyawarah pemilihan Ketua KPA wilayah Meulaboh ini sengaja digelar mendadak, sebagai bentuk penolakan atas kebijakan Mualem yang secara sepihak menunjuk Samsul sebagai Ketua KPA Meulaboh,” kata juru bicara panitia pemilihan, Yussan, kepada wartawan.

Oleh karena itu, lanjut dia, siapa pun yang terpilih dalam musyawarah ini dianggap sah dan layak memimpin KPA Meulaboh, karena diputuskan melalui proses musyawarah yang dihadiri langsung oleh para mantan kombatan GAM di Aceh Barat.

“Anggota KPA di Aceh Barat menolak penunjukan Samsul sebagai Ketua KPA Meulaboh. Penunjukan itu dilakukan tanpa meminta respons dari anggota KPA Aceh Barat,” pungkasnya.

“Kami saja terkejut, makanya tidak bisa terima keputusan Mualem. Kami sangat menghormati serta menghargai Mualem selaku pimpinan, tetapi keputusan Mualem memberikan jabatan Ketua KPA Meulaboh kepada Samsul sangat mengganjal di hati para anggota KPA Aceh Barat,” tutur Yussan.

Pantauan di sekitar lokasi, acara pemilihan kemarin berlangsung di bawah kawalan ketat aparat kepolisian. Pengamanan dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjadinya bentrok antara dua kubu di tubuh KPA Meulaboh.

Prosesi pemilihan Ketua KPA Wilayah Meulaboh kemarin berlangsung lancar dan sukses. Meski sempat diprediksi akan terjadi keributan, tetapi hingga berakhirnya acara, situasi tetap aman terkendali.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved