"iloveyou" Masuk Daftar Password Paling Mudah Dibobol Sepanjang 2017, Ini 24 Kata Kunci Lainnya

SplashData menyusun daftar password terburuk berdasarkan data 5 juta kata kunci yang bocor, sebagian besar dari Amerika Utara dan Eropa Barat.

KOLASE/SERAMBINEWS.COM
Kolase daftar password yang paling mudah dibobol sepanjang 2017. 

SERAMBINEWS.COM - Kebiasaan pengguna internet membuat password atau kata kunci buruk yang mudah ditebak masih terjadi hingga tahun ini.

Padahal, password merupakan elemen penting bagi pengguna internet dalam menjaga kerahasiaan data.

Seperti dikutip Serambinews.com dan Kompas.com, Firma SplashData merilis 25 daftar password yang mudah ditebak sepanjang 2017.

Selain kata kunci "iloveyou", ada pendatang baru berupa kata "starwars" yang duduk di urutan ke-16, di bawah kata kunci "abc123" yang rutin hadir tiap tahun dalam jejeran kata kunci terburuk.

Sebelumnya, kata "starwars" juga muncul dalam daftar password terburuk pada 2015. Penggunaan judul seri film populer itu sebagai kata kunci mungkin berhubungan dengan dua film Star Wars yang memang dirilis pada 2015 (The Force Awakens), dan 2017 (The Last Jedi).

"Hacker menggunakan istilah-istilah umum dari dunia pop culture dan olahraga untuk membobol akun-akun online, karena mereka tahu ada banyak orang yang menggunakan kata-kata tersebut sebagai password," ujar CEO SplashData, Morgan Slain.

Secara keseluruhan, "123456" dan "password" masih jadi kata kunci terburuk yang paling sering digunakan dari dulu hingga sekarang.

SplashData menyusun daftar password terburuk berdasarkan data 5 juta kata kunci yang bocor, sebagian besar dari pengguna internet di wilayah Amerika Utara dan Eropa Barat.

(Baca: Aksi Peretas Merajalela, Ini 5 Tips Membuat Password yang Aman dan Tidak Mudah Dibbol)

(Baca: Facebook Anda Diretas? Atasi dengan 5 Langkah Ini)

Halaman
123
Editor: Safriadi Syahbuddin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help