Kucing Jadi Hewan Peliharaan Favorit di Jepang

Direktur Mignon Plan Inc, sebuah organisasi perlindungan hewan, Ryoko Tomomori mengatakan banyak pemilik kucing yang mulai

Kucing Jadi Hewan Peliharaan Favorit di Jepang
SERAMBINEWS.COM/HARI MAHARDIKA
Dua kucing persia pesek sedang santai menikmati sore. 

SERAMBINEWS.COM - Kucing menyalip anjing tahun ini untuk pertama kalinya sejak survei tahunan dimulai pada 1994. Kini, kucing jadi hewan peliharaan yang digemari masyarakat Jepang.

Penuaan populasi dan biaya pemeliharaan anjing yang lebih mahal menjadi faktor pendorong turunnya jumlah anjing peliharaan di Jepang.

Dilansir dari Japan Today, Selasa (26/12/2017), humas perusahaan hewan peliharaan Aeonpet Co, Tomoko Ishida mengatakan penyebab menurunnya jumlah anjing peliharaan adalah merosotnya populasi di Jepang.

"Alasan terbesar di balik menurunnya jumlah anjing peliharaan adalah merosotnya angka kelahiran dan populasi," katanya.

Baca: Polisi Jepang Bingung, Kucing Liar Diduga Terlibat Kasus Percobaan Pembunuhan

Menurutnya, kaum lansia lebih memilih untuk memelihara kucing karena anjing memerlukan perawatan yang banyak, seperti pemilik perlu membawa mereka keluar rumah setiap hari.

Secara hukum, pemilik anjing juga diwajibkan untuk memberi vaksin kepada hewan mereka.

Survei Japan Pet Food Associaton yang dirilis pekan lalu menunjukkan estimasi jumlah kucing peliharaan sepanjang 2017 mencapai 9,5 juta. Sementara jumlah anjing peliharaan menurun menjadi 8,9 juta.

Asosiasi itu memperkirakan biaya untuk memelihara seekor anjing sepanjang hidup mereka mencapai 1,6 juta yen atau Rp 191,4 juta, sedangkan biaya pemeliharaan kucing sekitar 1,08 juta yen atau Rp 129,2.

Baca: Kesetiaan Kucing pada Majikannya yang Sudah Meninggal

Halaman
12
Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help