Tafakur

Waktu Singkat

Barangsiapa yang ditanya tentang satu ilmu lalu menyembunyikannya, niscaya Allah akan mengikatnya dengan tali kekang

Waktu Singkat

Oleh Jarjani Usman

“Barangsiapa yang ditanya tentang satu ilmu lalu menyembunyikannya, niscaya Allah akan mengikatnya dengan tali kekang dari api neraka di hari kiamat kelak” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi).

Banyak kegiatan yang kita lakukan di dunia ini bukan karena pertimbangan yang benar-benar matang. Sebahagiannya tanpa pertimbangan, hanya mengikuti kebiasaan diri atau kebiasaan orang lain. Sebahagiannya hanya main-main, tak memberi makna positif apa-apa untuk kehidupan abadi di akhirat, dan menambah-nambah dosa. Padahal waktu untuk hidup di dunia ini sangat singkat.

Dalam singkatnya waktu, kita diberikan waktu-waktu istimewa untuk beribadah, sehingga memperoleh pahala berlipat ganda. Juga diberikan untuk memperoleh pahala yang berkelanjutan, misalnya menjadi guru bagi kebaikan orang banyak. Apalagi orang-orang yang sudah pintar mengajarkan kepada generasi selanjutnya, hingga waris-mewarisi kebaikan terus berlanjut.

Karena itu, kita sepatutnya tak kikir dalam mewarisi ilmu kebaikan kepada orang banyak. Apalagi melalui pengabdian dengan mengajarkan orang lain, kita memperoleh banyak manfaat walau hidup dalam waktu singkat. Pertama, terhindar dari dosa menyembunyikan ilmu; kedua, menjadi lebih pintar dan faham karena ilmunya sudah sering diuji di lapangan; ketiga, memperoleh pahala berkelanjutan. Sehingga tak mengherankan, banyak ulama atau guru yang rela mengorbankan seluruh hidupnya untuk mengabdi dengan sabar, walaupun hanya memperoleh jerih sedikit.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help