Jangan Anggap Sepele, Peneliti Temukan Makin Banyak Orang yang Meninggal akibat Flu

Temuan yang dipublikasikan delam jurnal The Lancet tersebut menyebutkan bahwa 291.000 di antara 646.000 orang mungkin

Jangan Anggap Sepele, Peneliti Temukan Makin Banyak Orang yang Meninggal akibat Flu
shutterstock
Ilustrasi Diserang Flu 

SERAMBINEWS.COM - Di musim hujan seperti sekarang, terserang flu adalah hal yang umum. Tapi tahukah Anda ternyata banyak orang yang meninggal akibat flu setiap tahunnya?

Survei internasional besar yang dilakukan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan beberapa koleganya menunjukkan bahwa secara signifikan lebih banyak orang meninggal karena penyakit pernapasan yang berhubungan dengan influenza setiap tahunnya.

Temuan yang dipublikasikan delam jurnal The Lancet tersebut menyebutkan bahwa 291.000 di antara 646.000 orang mungkin mengidap penyakit pernapasan ini setiap tahun. Bahkan mungkin lebih banyak lagi, sekitar 250.000 hingga 500.000 orang dengan penyakit ini tiap tahunnya.

Diwartakan dari Time, Rabu (13/12/2017), para peneliti menggunakan data flu musiman untuk menghitung tingkat kematian karena masalah pernapasan akibat influenza pada 33 negara, yang mencakup 57 persen populasi dunia.

Mereka kemudian membangun model statistik berdasarkan angka tersebut untuk memperkirakan kematian akibat hal ini di seluruh dunia.

Baca: Jangan Anggap Remeh Virus Flu karena Bisa Mematikan

Hasilnya, mereka menemukan bahwa kematian akibat flu sangat umum terjadi di antara orang yang tinggal di negara miskin seperti Afrika. Hal ini mungkin karena sumber daya medis di negara-negara tersebut cenderung jarang.

Selain itu, kematian akibat flu juga sering terjadi pada orang berusia 75 tahun atau lebih.

Baca: Pulang Umrah, Jamaah Asal Nagan Terjangkit Flu

Kabar baiknya adalah, beberapa negara di Mediterania dan Asia Tenggara memiliki tingkat kematian akibat flu lebih rendah daripada rata-rata.

Para peneliti juga mencatat bahwa perkiraan mereka kemungkinan tidak mencakup semua kematian yang terkait dengan flu. Tapi penelitian ini memiliki fokus utama pada penyakit pernapasan terkait flu.

Padahal, sebenarnya influenza juga dapat memperburuk beberapa penyakit kronis seperti jantung dan diabetes. Tak hanya itu, flu juga bisa menyebabkan komplikasi serius lainnya termasuk ensefalitis (peradangan otak) dan kegagalan organ.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut, temuan ini menggarisbawahi pentingnya program vaksinasi. Menurut para peneliti, terutama karena kita mungkin akan menghadapi musim flu yang berat tahun ini.

Para ahli juga merekomendasikan vaksin ini kepada semua orang. Termasuk pada orang yang masih muda dan sehat untuk menjaga penularan penyakit ini serendah mungkin.

Berita ini telah ditayangkan pada kompas.com dengan judul : Temuan Terbaru, Makin Banyak Orang yang Meninggal akibat Flu

Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help