SerambiIndonesia/

Pabrik Semen akan Dibangun di Tamiang

PT Tripa Semen Aceh akan membangun pabrik semen di Desa Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu, Aceh Tamiang

Pabrik Semen akan Dibangun di Tamiang
AKMAL HUSEN, Kadistamben Aceh

* Target Produksi 1,5 Juta Ton/Tahun

BANDA ACEH - PT Tripa Semen Aceh akan membangun pabrik semen di Desa Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu, Aceh Tamiang. Nilai investasi untuk pembangunan pabrik industri ini mencapai Rp 2,5 triliun dan target produksi 1,5 juta ton semen curah per tahun.

“Perusahaan itu sudah menyelesaikan kegiatan eksplorasinya dan sekarang sudah mengajukan izin usaha pertambangan (IUP) menuju produksi kepada Gubernur Aceh,” kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Kadistamben) Aceh, Ir Akmal Husen kepada Serambi di Banda Aceh, Kamis (28/12).

Akmal menjelaskan setelah mendapat IUP untuk ekspolarasi dari Bupati Aceh Tamiang beberapa tahun lalu, perusahaan itu sudah melakukan penelitian untuk menyusun laporan sumber deposit bahan baku semen berupa batu gamping dan tanah clay. Hasilnya, wilayah batu gamping ditemukan dan akan dikuasai mereka mencapai 1.810 hektare dan tanah clay 290 hektare.

“PT Tripa Semen Aceh menilai areal bahan baku yang akan dimiliki itu sangat ekonomis dan potensial untuk dibangun satu pabrik semen. Target produksi 1,5 juta ton semen curah per tahun, sehingga perusahaan itu kini sudah mengajukan IUP menuju produksi,” jelas Ir Akmal.

Akmal menyebutkan beberapa hari lalu, Direktur PT Tripa Semen Aceh, Mohd Fauzie Ibrahim juga datang ke Kantor Distamben Aceh membawa surat permohonan IUP untuk produksi dengan melampirkan tiga buku laporan sebagai persyaratan pengajuaan, yaitu hasil penelitian batu gamping, tanah clay, dan proposal perencanaan pembangunan pabrik semen.

Menurut Akmal, syarat pengajuan IUP untuk produksi itu sudah lengkap dan sudah ia sampaikan kepada Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, sehingga Irwandi meminta pihak Distamben Aceh memproses secepatnya sesuai prosedur. Begitu pun, kata Akmal, pihaknya harus terlebih dahulu melakukan uji lapangan terhadap sejumlah dokumen yang sudah dimasukkan perusahaan itu ke Distamben Aceh.

Akmal menambahkan kehadiran pabrik semen tersebut tentu berdampak positif terhadap masyarakat. Antara lain banyak menyerap tenaga kerja dan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah, terutama daerah sekitar pabrik.

“Kita harapkan dalam pelaksanaan kontruksi pembangunan pabrik semen nanti, persoalahan lahan sudah tuntas, sehingga tahapan pembangunan pabrik semen menuju produksi tak terlalu lama. Dalam waktu tiga atau empat tahun ke depan sudah bisa produksi,” harapnya.

Sementara itu, Direktur PT Tripa Semen Aceh, Mohd Fauzie Ibrahim berharap Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf bisa secepatnya menerbitkan IUP Produksi Pabrik Semen di Desa Kaloy itu.

Menurut anak mantan Gubernur Aceh, Majid Ibrahim ini, pembangunan pabrik semen itu baru bisa dilakukan investor, jika sudah terbit IUP untuk produksi. (her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help