SerambiIndonesia/

Balon Independen tak Ada yang Lolos

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya (Pijay) dan Aceh Selatan, Sabtu (30/12), menggelar sidang pleno

Balon Independen tak Ada yang Lolos
SERAMBINEWS.COM/ABDULLAH GANI
Sidang pleno Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat yang digelar, Sabtu (30/12/2017) petang di Aula KIP setempat. 

* Di Pidie Jaya dan Aceh Selatan

MEUREUDU - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya (Pijay) dan Aceh Selatan, Sabtu (30/12), menggelar sidang pleno terkait hasil verifikasi faktual pasangan bakal calon perseorang yang akan maju dalam Pilkada 2018.

Hasilnya, semua pasangan di dua kabupaten itu dinyatakan tidak lolos karena belum memenuhi persyaratan dukungan KTP. Untuk itu, mereka diwajibkan menyerahkan kembali fotokopi KTP dukungan sebanyak dua kali lipat dari jumlah kekurangan.

Untuk diketahui, di Pijay ada dua pasangan bakal calon yang maju melalui jalur independen. Mereka adalah Muhammad Yusuf alias Yusuf Kreh Kroh yang berpasangan dengan Ir H Anwar Ishak, dan Muhibuddin Husen yang berpasangan dengan HM Yusuf Ibrahim.

Dalam sidang pleno yang berlangsung di aula KIP Pijay kemarin, disebutkan, bukti dukungan pasangan Muhammad Yusuf-Anwar Ishak yang memenuhi syarat sebanyak 4.208 lembar, dan Muhibuddin Husen-HM Yusuf Ibrahim sebanyak 3.531 lembar.

Ini artinya, kedua pasangan tersebut belum mampu memenuhi syarat dukungan yang ditetapkan sebanyak 4.728 lembar. Muhammad Yusuf-Anwar Ishak kekurangan 520 dukungan dan Muhibuddin Husen-HM Yusuf Ibrahim kekurangan 1.197 dukungan.

“Sesuai ketentuan, masing-masing pasangan balon harus mengusahakan kembali fotokopi KTP sebanyak dua kali lipat dari yang kekurangan,” kata Ketua KIP Pijay, H Musman SH.

Masa penyerahan perbaikan syarat dukungan tersebut dimulai dari 18 hingga 20 Januari 2018. Untuk pasangan Muhammad Yusuf-Anwar Ishak harus menyerahkan kembali sebanyak 1.040 fotokopi KTP dukungan dan pasangan Muhibuddin Husen-HM Yusuf Ibrahim sebanyak 2.394 KTP dukungan.

Kondisi yang sama juga dialami pasangan balon independen yang akan maju dalam Pilkada Aceh Selatan. Dari empat pasangan yang menyerahkan dukungan fotokopi KTP ke KIP, tidak ada satu pun yang memenuhi syarat.

Dalam sidang pleno KIP Aceh Selatan di Dian Rana Hotel, Sabtu (30/12), disebutkan, pasangan Darman-Baital Makmur hanya memenuhi syarat 5.264 dukungan, pasangan Tgk Husen Yusuf-Musafril sebanyak 4.737 dukungan, pasangan H Karman- Afdhal Yasin sebanyak 4.553 dukungan, dan pasangan Zulkarnaini-M Jasa sebanyak 4.920 dukungan.

“Keempat pasangan belum memenuhi syarat dukungan sebanyak 3 persen dari penduduk Aceh Selatan atau 6.908 dukungan. Tetapi mereka masih diberi kesempatan untuk menyerahan perbaikan syarat dukungan,” kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KIP Aceh Selatan, Edi Syahputra ST, kepada Serambi.

Penyerahan perbaikan syarat dukungan itu dimulai dari tanggal 18 Januari sampai 20 Januari 2018. Kepada semua pasangan harus menyerahkan dukungan perbaikan sebanyak dua kali lipat dari jumlah kekurangan.

“Setelah mereka meyerahkan perbaikan dukungan, kami akan melakukan verifikasi faktual lagi, baru selanjutnya melakukan rapat perbaikan yang hasil finalnya tanggal 8-9 Februari 2018,” sebut Edi.

Selain keempat pasangan tersebut, sebenarnya masih ada satu pasangan lagi yang berniat maju melalui jalur independen, yakni pasangan Misbah-Samsul Bahri. Namun sebagaimana diutarakan Edi, pasangan ini sudah duluan gugur saat pendaftaran, karena tidak cukup dukungan.(ag/tz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help