Bupati Baru Tamiang Gelar Pesta Rakyat

Sehari setelah dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang, Mursil SH MKn dan T Insyafuddin ST menggelar

Bupati Baru Tamiang Gelar Pesta Rakyat
RIBUAN warga antusias datang pada pesta rakyat Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang, Mursil dan T Insyafuddin di Pendapa Bupati, Kota Kualasimpang, Sabtu (30/12) 

KUALASIMPANG - Sehari setelah dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang, Mursil SH MKn dan T Insyafuddin ST menggelar pesta rakyat di pendapa bupati, Kota Kualasimpang, dihadiri puluhan ribuan warga kabupaten tersebut, Sabtu (30/12).

Pantauan Serambi kemarin, meski dalam kondisi hujan, ribuan warga antusias datang ke pendapa bupati, sejak pagi hingga menjelang magrib, untuk mengucapkan selamat kepada pemimpin Tamiang yang baru dilantik ini.

Ketua panitia, Syarifuddin KS, mengatakan pesta rakyat ini digelar sebagai syukuran atas terpilih dan dilantiknya Mursil SH MKn dan T Insyafuddin ST sebagai Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang periode 2017-2022. Syukuran ini pun sengaja dilaksanakan di pendapa, karena bupati dan wakil bupati ingin menunjukkan bahwa pendapa bupati ini adalah milik rakyat.

“Panitia menyediakan makanan untuk 20 ribu warga, yang datang dari hulu, hilir, pedalaman, dan pesisir, untuk melihat langsung pemimpinnya yang baru,” kata Syarifuddin.

Agenda pesta rakyat ini, mulai dari peusijuk bupati dan wakil bupati, pementasan tarian tradisional oleh para siswa, drama, dan penampilan musik/lagu serta hiburan rakyat lainnya.

“Pendapa bupati tempat digelarnya pesta rakyat ini, bukan milik pribadi bupati. Tapi adalah milik rakyat, sehingga rakyat Aceh Tamiang harus dibebaskan berkunjung ke pendapa ini,” ungkap Bupati Aceh Tamiang, Mursil, dalam sambutannya.

Sementara Wakil Bupati, T Insyafuddin menambahkan, dalam menjalankan roda pemerintaan lima tahun ke depan, pihaknya akan memprioritaskan pembenahan di bidang kesehatan, dengan mendorogn manajemen pelayanan di RSUD Aceh Tamiang, hingga mutu pelayanan kesehatan bagi warga akan lebih baik.

Diakhir sambutannya, kedua pemimpin baru ini mengajak seluruh lapisan masyarakat kabupaten tersebut, agar bersama–sama membangun daerah ini, sehingga lebih maju dan setara dengan kebupaten lain yang ada di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Mantan Gubernur Aceh, Abdullah Puteh, mengatakan, keterpilihan Mursil dan T Insyaifuddin sebagai bupati dan wakil bupati, menjadi harapan besar bagi masyarakat Aceh Tamiang (Atam) untuk menggerakkan roda pembangunan lebih cepat.

Menurutnya, lima hal penting yang menjadi kunci keberhasilan pembangunan Aceh Tamiang. Pertama, sosok pasangan Mursil yang merakyat dan T Insyafuddin yang berasal dari kalangan ulama, akan sangat mudah diterima di tengah masyarakat dan sangat mudah untuk melancarkan proram-program pembangunan yang direncanakan.

Kedua, potensi kekayaan lokal berupa perkebunan sawit yang terbaik dan terbesar di Aceh. Sehingga, apabila potensi ini dapat ditingkatkan lagi melalui industrialisasi, maka penghasilan daerah dan pertumbuhan ekonomi masyarakat Aceh Tamiang akan lebih meningkat lagi.

Ketiga, Aceh Tamiang yang berbatasan dengan Aceh Utara, telah menempatkan Aceh Tamiang sebagai sentral pedagangan lokal. Ke empat, potensi sumber daya lain yang belum dikemas dengan baik, harus menjadi perhatian untuk dikembangkan. Seperti potensi sungai Aceh Tamiang yang sudah diintip oleh banyak penguasaha luar Aceh untuk membuat power plant yang lebih besar, sumber daya meneral berupa dolomite, biji besi, kapur, dan lainnya. Apabila ditangani dengan baik, maka akan mendorong pesatnya pertumbuhan ekonomi bukan saja untuk Aceh Tamiang, tapi untuk Aceh secara umum.

Terakhir, tentang populasi masyarakat Aceh Tamiang yang terdiri dari banyak etnis, akan memungkinkan menjadi model kota miniatur Indonesia, yang hidup penuh dengan toleransi dan kekeluargaan. “Apabila ini dapat disinergikan dengan baik, mudah-mudahan Pemkab Aceh Tamiang dapat membangun Aceh Tamiang yang lebih baik,” ujarnya.(md)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved