Jangan Sampai Anjing Alami Stres di Malam Tahun Baru Hanya Karena Kembang Api

Mereka mengatakan bahwa jika anjing ketakutan karena mendengar sebuah ledakan seperti kembang api dan manusia atau pemiliknya membiarkan hal itu

Jangan Sampai Anjing Alami Stres di Malam Tahun Baru Hanya Karena Kembang Api
shutterstock
ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM - Tak terasa hari ini sudah di penghujung tahun. Itu artinya, sebentar lagi akan ada pergantian tahun dan biasanya dimeriahkan dengan kembang api sebagai wujud kegembiraan dan syukur.

Bagi sebagian orang, tahun baru adalah hal yang patut dirayakan dengan menyalakan kembang api. Tapi, hal ini tidak berlaku bagi hewan peliharaan seperti anjing.

Sebagian besar anjing rupanya takut dan gelisah saat mendengar kembang api. Jika tidak ditangani dengan baik, hal itu justru bisa membuat anjing menjadi stres.

Dulu, mungkin ada nasihat bahwa pemilik anjing tidak perlu khawatir dengan anjing yang gelisah. Hal ini agar membuat anjing tidak terlalu bergantung pada manusia.

Pendapat itu kini telah dipatahkan oleh para ahli. Mereka kini percaya bahwa hal itu sama sekali tidak bekerja. Mereka lebih menyarankan agar pemilik anjing harus lebih memperhatikan anjing saat mereka gelisah agar terhindar dari stres.

Baca: Terungkap Punahnya Harimau Tasmania yang Dikenal Sebagai Anjing, Begini Paparan Peneliti

Hal ini seperti yang disarankan oleh Dog Trust, sebuah badan amal yang bergerak pada kesejahteraan hewan di Inggris.

Mereka mengatakan bahwa jika anjing ketakutan karena mendengar sebuah ledakan seperti kembang api dan manusia atau pemiliknya membiarkan hal itu, maka anjing akan makin merasa tertekan.

Perasaan ini sama halnya dengan manusia. Misalnya saja Anda sedang sangat ketakutan dan menceritakan sesuatu pada keluarga Anda namun mereka justru mengabaikan. Hal ini otomatis akan membuat Anda semakin takut dan rasa khawatirnya semakin buruk.

"Hal ini juga terjadi pada anjing. Saya telah melakukan penelitian tentang dampak kembang api, dan setengah dari anjing bereaksi menunjukkan tanda ketakutan," kata Dr Rachel Casey, direktur penelitian perilaku Dog Trust, seperti dilansir dari Telegraph, Kamis (28/12/2017).

Halaman
12
Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help