BMKG Imbau Warga Sepanjang Pantai Waspadai Pasang Air Laut, Prediksi Gelombang Sampai 1 Meter

Pasang air laut ini diprediksi terjadi di sejumlah wilayah Aceh yakni Sabang, Lhokseumawe, Simeulue, Meulaboh dan sekitarnya.

BMKG Imbau Warga Sepanjang Pantai Waspadai Pasang Air Laut, Prediksi Gelombang Sampai 1 Meter
IST
Imbauan BMKG 

Laporan Dedi Iskandar | Nagan Raya

SERAMBINEWS.COM, SUKA MAKMUE - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Meulaboh-Nagan Raya mengimbau masyarakat yang bermukim di sepanjang bibir pantai wilayah pantai barat-selatan Aceh, mewaspadai terjadinya pasang gelombang air laut dengan ketinggian mencapai satu meter.

Informasi yang diterima Serambinews.com, Senin (1/1/2018) pesan itu juga dikeluarkan BMKG Stasiun Meteorologi Belawan, Sumatera Utara, tanggal 31 Desember 2017.

Peringatan BMKG itu menyebutkan, pasang air laut ini diprediksi terjadi di sejumlah wilayah Aceh yakni Sabang, Lhokseumawe, Simeulue, Meulaboh dan sekitarnya.

Sedangkan untuk wilayah Sumatera Utara dan Riau terjadi di wilayah Belawan, Kuala Tanjung, Pangkalan Susu, Nias, Bagan Siapi-api, Dumai serta Sungai Paking.

(Baca: VIRAL! Bayi Meninggal di RSUD Singkil karena Tak Ada yang Bisa Pasang Infus, Ini Curhat Keluarga)

(Baca: Tahukan Anda, Ini Empat Negara yang Merdeka pada Tahun Baru 1 Januari)

(Baca: Selain Aceh, Ini Empat Negara yang Melarang Perayaan Tahun Baru)

"Bagi masyarakat kami imbau untuk tetap waspada, karena pasang air laut maksimum ini bisa terjadi dengan ketinggian mencapai hingga satu meter," kata Kepala Stasiun BMKG Meulaboh-Nagan Raya, Edi Darlupti SE yang dikonfirmasi Serambinews.com, Senin (1/1/2018).

Ia menjelaskan, penyebab terjadinya pasang air laut tersebut terjadi akibat adanya fenomena alam atau disebut Supermoon yang terjadi di awal tahun 2018, dengan prediksi akan terjadi antara tanggal 1-4 Januari mendatang.(*)

Penulis: Dedi Iskandar
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved