Tahukan Anda, Ini Empat Negara yang Merdeka pada Tahun Baru 1 Januari

Sekitar 28 tahun sebelum Brunei Darussalam merdeka, sebuah negara di Benua Afrika, yaitu Sudan memerdekakan diri dari penjajah pada 1 Januari.

Tahukan Anda, Ini Empat Negara yang Merdeka pada Tahun Baru 1 Januari
IST
Bendera Sudan 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Tanggal 1 Januari adalah penanggalan pertama setiap tahun, merujuk pada kelender masehi atau Anno Domini (AD) yang dalam bahasa Inggris adalah sebutan untuk penanggalan atau penomoran tahun yang digunakan pada kalender Julian dan Gregorian.

Penelusuran Serambinews.com, 1 Januari atau tahun baru pertama kali dirayakan pada 1 Januari 45 sebelum masehi, tidak lama setelah Julius Caesar dinobatkan sebagai Kaisar Roma. Saat itu, Julius memutuskan mengganti penanggalan tradisional Romawi.

Nah, tahukan Anda, tanggal 1 Januari yang menjadi awal dari penomoran tanggal, ternyata menyimpan banyak sejarah.

Banyak peristiwa yang terjadi pada tanggal tersebut. Bahkan, ada beberapa negara yang merebut dan mengumumkan kemerdekaan mereka pada 1 Januari.

Berdasarkan penelusuran Serambinews.com dari berbagai sumber, ini empat negara yang mendeklarasikan kemerdekaan pada  tanggal 1 Januari.

1. Brunei Darussalam

Tanggal 1 Januari 1984, Brunei Darussalam tercatat dalam sejarah merdeka dari Britania Raya atau dari penjajah Inggris.

Sejak puluhan tahun sebelumnya, sistem pemerintahan yang diterapkan negara ini adalah kerajaan, namun administrasinya berada di bawah Inggris.

Brunei Darussalam yang merdeka pada 1 Januari atau pada hari pergantian tahun, justru melarang perayaan tahun baru karena bertentangan dengan syariat Islam yang berlaku di negara itu.

(Baca: Selain Aceh, Ini Empat Negara yang Melarang Perayaan Tahun Baru)

Halaman
12
Penulis: Subur Dani
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help