6 Resolusi Keuangan di Tahun 2018 Untuk Persiapan Masa Depan

Kalau ingin membandingkan diri, bercerminlah lalu pandang diri sendiri. Pikirkan beragam pencapaian keuangan yang telah Anda

6 Resolusi Keuangan di Tahun 2018 Untuk Persiapan Masa Depan
kompas.com
Ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM - Tahun 2017 sudah berakhir dan kini tahun 2018 telah dimulai. Layaknya tahun baru, betapa lumrahnya apabila Anda mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan menyusun resolusi mengenai apa yang ingin Anda capai tahun ini.

Nah, tidak ada salahnya pula Anda menyusun resolusi keuangan untuk tahun 2018. Sehingga, pengelolaan keuangan Anda akan lebih baik, terbebas dari utang, dan persiapan masa depan pun tak tertinggalkan.

Baca: Jambret Tas Berisi Uang Rp 3 Juta dan Emas 35 Mayam, Begini Akhir Pelarian Remaja di Gayo Lues

Berikut ini adalah 6 resolusi keuangan yang dapat Anda lakukan di tahun 2018 ini.

1. Jangan bandingkan diri sendiri dengan orang lain

Dalam hal keuangan, membandingkan kondisi Anda dengan kondisi orang lain bukan hal yang baik. Misalkan teman atau keluarga Anda ada yang memiliki mobil bagus, rumah lebih besar, atau liburan lebih sering, jangan bandingkan semua itu dengan Anda.

Kalau ingin membandingkan diri, bercerminlah lalu pandang diri sendiri. Pikirkan beragam pencapaian keuangan yang telah Anda raih tahun lalu dan pasang target untuk mencapai hal yang lebih besar di tahun ini.

2. Otomasikan tabungan

Sebagian perencana keuangan merekomendasikan Anda memiliki tabungan darurat sebesar enam bulan pendapatan. Kalau angka itu terlalu berat untuk Anda, menabunglah sedikit demi sedikit.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah pastikan apakah bank tempat Anda menabung memiliki fitur autodebet tabungan. Kalau mereka memilikinya, jangan sia-siakan fitur itu dan gunakanlah untuk Anda menabung.

Halaman
123
Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help