KIP Pijay Buka Pendaftaran Calon Pasangan Bupati, Ini Persyaratannya

Atau bisa juga dengan syarat minimal 15 % akumulasi (gabungan) perolehan suara sah beberapa Parpol dalam Pemilu Legislatif tahun 2014 lalu.

KIP Pijay Buka Pendaftaran Calon Pasangan Bupati, Ini Persyaratannya
serambinews.com
KIP Pidie Jaya 

Laporan Idris Ismail I Pidie Jaya

SERAMBINEWS.COM,MEUREUDU - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie Jaya (Pijay) membuka  pendaftaran bagi Pasangan Calon (Paslon) Bupati/Wakil Bupati periode 2018-2023 baik dari jalur Partai Polotik maupun Jalur Independen atau perseorangan.

Masa pendaftaran itu berlangsung yang di selama tiga hari terhitung tanggal 8 sampai 10 Januari 2018.

Ketua KIP Pijay, Musman SH kepada Serambinews.com, Selasa (2/1/2018) mengatakan,  pembukaan pendaftaran bagu pasangan calon Bupati/ Wakil Bupati untuk Pilkada 2018 yang digelar pada 27 Juni 2018 dibuka untuk kandidat yang maju melalui partai politik dan atau gabungan partai politik serta balon yang akan maju melalui jalur Independen.

"Sesuai dengan jadwal tahapan program penyelenggaraan pemilihan Bupati/Wakil Bupati Pidie Jaya tahun 2018 yang di tuangkan dalam surat keputasn KIP Pidie Jaya nomor: 17/Kpts/KIP-PJ/TAHUN 2017 tentang Tahapan, Program, dan JadwalPenyelenggaraan pemi lihan Bupati danWakil Bupati Pidie Jaya Tahun 2018 maka diberikan waktu selama tiga hari yaitu terhitung 8 sampai 10 Januari 2018,"sebutnya.

Baca: Pengumuman KIP Pidie Jaya Tentang Pendaftaran Bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati

Selain itu, pembukaan pendaftaran ini juga didasari pada Keputusan KIP Pidie Jaya Nomor 51/Kpts/KIP-PJ/TAHUN 2017 TentangPedoman Teknis Pencalon an PemilihanBupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya Tahun 2018.

Adapun persyaratan yang harus di penuhi oleh pasangan calon yang maju lewat jalur partai politik, gabungan partai politik minimal memiliki perolehan kursi di DPRK sebesar 15 persen hasil Pemilu 2015 lalu ataupun  sebanyak empat kursi yang duduk di DPRK.

Baca: KIP Aceh Nyatakan Partai GRAM tak Lolos Administrasi

Atau bisa juga dengan syarat minimal 15 % akumulasi (gabungan) perolehan suara sah beberapa Parpol dalam Pemilu Legislatif tahun 2014 lalu.

“Tentunya dengan hitungan akumulasai perolehan suara yang sah adalah, 76.176 dikalikan 15 persen adalah sebanyak 11.427 suara sah,” jelasnya.

Sementara bagi pasangan calon yang maju lewat jalur independen atau perseorangan adalah, syarat dukungan minimal yang musti meenuhi adalah 3 persen dari jumlah penduduk Pidie Jaya berdasar DAK2 sebanyak 157.588 jiwa atau minimal 4.728 lembar dukungan KTP masyarakat yang tersebar di 50 persen dari delapan kecamatan. 

Bagi Paslon dari jalur Independen adalah bagi yang telah menyerahkahkan syarat dukungan dan telah dilakukan verifikasi oleh KIP dengan tempat pendaftaran di pusatkan di Kantor KIP .

"Persyaratan dan kelengkapan d okumen pend di akses melalui download di web resmi  www.kpu-pidiejayakab.go .id,” demikian Musman.(*)
 

Penulis: Idris Ismail
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help