SerambiIndonesia/

Jaboi Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata

Pemko Sabang terus mengembangkan Jaboi sebagai destinasi wisata favorit di daerah kepulauan

Jaboi Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata
SERAMBINEWS.COM/NURUL HAYATI
Gua Sarang Sabang 

SABANG – Pemko Sabang terus mengembangkan Jaboi sebagai destinasi wisata favorit di daerah kepulauan itu. Kawasan wisata Jaboi mencakup permandian air panas, hutan, dan kawah gunung api.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sabang, Ali Taufik, kepada Serambi, Selasa (2/1) mengatakan, langkah itu dilakukan untuk menambah jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut. Sejumlah infrastruktur pendukung terus dibangun di lokasi itu.

“Sebagai daerah tujuan wisata, kita terus mengembangkan objek wisata baru. Tujuannya, agar wisatawan tidak bosan berkunjung ke Sabang. Jadi, tidak melulu Iboih dan Tugu Kilometer Nol yang kita tawarkan,” ujarnya.

Saat ini, sebut Ali, fasilitas yang sudah dibangun di kawasan Jaboi yaitu kolam permandian air panas, jalur treking berkonstruksi beton, area camping, dan penginapan di area pemandian.

“Dalam waktu dekat, kita juga akan bangun jembatan yang ikonik di area gunung api. Sebab, di lokasi itu ada sungai kecil yang memisahkan kawasan kawah. Jadi, dengan adanya jembatan akan memudahkan wisatawan. Sementara dinas pekerjaan umum juga sudah membebaskan tanah sekitar satu hektar untuk area parkir,” jelasnya.

Ke depan, tambah Ali, kelompok kerja wisata (Pokdarwis) Gampong Jaboi juga akan diberdayakan supaya mereka bisa menggerakkan program wisata dan memberikan layanan wisata di kawasan itu. Misalnya dengan menjadi pemandu untuk trekking gunung atau menawarkan program camping di gunung api.

Untuk mendukung sebagai daerah tujuan wisata, menurut Ali, objek Sabang terus dikembangkan dan diperbanyak. “Selain pantai, juga akan kita kembangkan gunung dan Danau Aneuk Laot,” pungkasnya.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help