SerambiIndonesia/

BPSMB Wacanakan Buka Lab di Aceh Tengah

Kepala Laboratorium (Lab) UPTD Balai Pengujian Standar Mutu Barang (BPSMB) Disperindag Aceh, Umi Salamah SE MM

BPSMB Wacanakan Buka Lab di Aceh Tengah
Seorang petani kopi warga Kampung Blanggele, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah sedang memetik buah kopi. SERAMBI/MAHYADI 

BANDA ACEH - Kepala Laboratorium (Lab) UPTD Balai Pengujian Standar Mutu Barang (BPSMB) Disperindag Aceh, Umi Salamah SE MM mengatakan pihaknya berencana membuka perwakilan laboratorium tersebut di Aceh Tengah pada tahun ini atau paling lambat awal tahun depan.

Menurut Umi, selama ini pada umumnya pengekspor kopi berasal dari Aceh Tengah dan rata-rata mereka harus ke Medan untuk melakukan uji kopi ke laboratorium. “Menurut saya ini sangat mendesak, karena pada umumnya yang mengekspor kopi itu dari Aceh Tengah. Jadi orang Aceh Tengah meminta kepada kita agar ada perwakilan di Aceh Tengah,” kata Umi Salamah kepada Serambi, Senin (8/1).

Menurutnya, hal ini akan mereka lapor kepada Gubernur Aceh agar diizinkan membuka perwakilan Lab UPTD BPSMB di Aceh Tengah. “Ini sedang kita usahakan untuk tahun ini ada perwakilan kita di Aceh Tengah untuk menguji kopi. Sehingga hal tersebut kita harapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Aceh (PAA),” tambahnya.

Umi Salamah menyebutkan Pendapatan Asli Aceh (PAA) pada 2017 yang sudah terkumpul dan disetor dari pegusaha kopi, eksportir, serta mahasiswa yang melakukan uji laboratorium di BPSMB ke kas sebesar Rp 16.822.000 dari target Rp 20 juta.

Menurutnya, PAA yang dihasilkan pada 2017 meningkat dibanding tahun sebelumnya, yaitu pada 2015 sebanyak Rp 4.706.000 dan pada 2016 sebesar Rp 10 juta. Sedangkan untuk 2018, pihaknya menargetkan dapat menghasilkan PAA sebesar Rp 30 juta.

“Kita juga terus melakukan sosialisasi ke kabupaten/kota yang menghasilkan komoditi ekspor. Bahwa pemerintah menyediakan uji lab untuk kakao, kopi, minyak atsiri di Banda Aceh, sehingga tidak perlu lagi ke Medan,” tutupnya. (una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help