Tafakur

Dosa Kecil

Sangat sering di antara kita tak memberi kesempatan pada diri sendiri untuk berpikir dan menghayati sejenak

Dosa Kecil

Oleh: Jarjani Usman

“Berhati-hatilah dengan dosa kecil, sebab dosa-dosa itu berkumpul pada seseorang sehingga menghancurkannya” (HR. Ahmad).

Sangat sering di antara kita tak memberi kesempatan pada diri sendiri untuk berpikir dan menghayati sejenak sebelum melakukan sesuatu. Lebih-lebih sesuatu perbuatan yang sudah sering dilakukan dan kerap menghasilkan sesuatu yang menggiurkan, seperti uang. Keputusannya terlalu cepat. Sehingga banyak perbuatan yang sebenarnya berdosa kecil tak sempat berada dalam pertimbangan. Padahal pertimbangan hati bisa membantu meneliti apakah suatu perbuatan berdosa atau tidak.

Sebagaimana telah diingatkan oleh Rasulullah SAW, walaupun berdosa kecil, suatu perbuatan bisa menghasilkan dosa besar. Juga, walaupun kecil suatu dosa juga berarti mengingkari Allah. Karena sering diabaikan dan dilakukan terus, dosa-dosa kecil kian menumpuk dan menghalangi kita dalam memandang kebenaran.

Peluang melakukan dosa kecil secara terus-menerus sangat besar. Misalnya, terus berada dalam golongan orang-orang yang mengabaikan dosa. Bila sudah demikian, tumpukan dosa kecil menjadi besar.

Apalagi bukan hanya dosa besar yang menghasilkan titik hitam yang menutupi hati, tetapi juga dosa kecil. Perlahan namun pasti, titik-titik itu bertambah dan merambah seiring banyaknya dosa yang dilakukan.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help