Baitul Mal Bahas Aktifitas Filantropi Muslim

Baitul Mal Aceh bersama Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar focus group

Baitul Mal Bahas Aktifitas Filantropi Muslim
IST

BANDA ACEH - Baitul Mal Aceh bersama Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar focus group discussion (FGD) yang membahas aktivitas filantropi (kedermawanan) masyarakat muslim. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Baitul Mal Aceh di Kompleks Keistimewaan Aceh, Jalan T Nyak Arief, Senin (8/1).

Diskusi tersebut diikuti perwakilan berbagai lembaga seperti BMA, lembaga zakat, ormas, CSR, lembaga wakaf, para akademisi serta peneliti. Dari unsur pemerintah turut hadir Dinas Sosial Aceh, Bappeda, serta Kanwil Kemenag Aceh.

Direktur STF UIN Syarif Hidayatullah, Dr Amelia Fauzia, mengatakan bahwa diskusi Itu memotret perkembangan filantropi masyarakat muslim khususnya di Aceh. Dikatakan, kegiatan itu menghasilkan rekomendasi kepada stake-holder dalam mewacanakan praktik filantropi yang berkeadilan sosial bagi masyarakat.

Menurut Amelia, kegiatan filantropi yang dipraktikkan seperti pemberian beasiswa, pinjaman dana bergulir, serta bantuan lainnya harus sejalan dengan visi misi pemerintah. “Pada era ini telah terjadi transformasi pada organisasi-organisasi amal yang menjadi lebih modern. Pertanyaannya apakah perkembangan ini mengatasi akar penyebab ketidakadilan sosial dan ekonomi di masyarakat,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Ketua Dewan Pertimbangan Syariah BMA, Prof Alyasa Abubakar, yang menilai diperlukan dukungan pemerintah terhadap organisasi filantropi dalam menciptakan kesejahteraan sosial. “Harus ada kebijakan negara dalam melaksanakan aktifitas filantropi seperti saat ini. Dukungan penguasa dibutuhkan agar lembaga ini terus berkesinambungan,” jelasnya.

Sementara Kepala BMA, Zamzami Abdulrani Ssos, berterima kasih kepada STF yang telah memilih provinsi Aceh sebagai sampel dalam meneliti fenomena manfaat filantropi. “BMA berkomitmen untuk mengurangi angka kemiskinan di Aceh sebesar 1 persen. Kami fokus meningkatkan nilai manfaat ZIS yang dikelola ke arah yang lebih baik”, tukasnya.(fit)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help