Semua Paslon Dinyatakan Lulus

Komisi Independen Pemilihan (KIP) di Kabupaten Pidie Jaya (Pijay), Kota Subulussalam, dan Kabupaten Aceh Selatan

Semua Paslon Dinyatakan Lulus
SERAMBINEWS.COM/RAHMAT SAPUTRA
Baca Quran 

* Tes Baca Quran di Pijay
* Subulussalam dan Aceh Selatan belum Ada Hasil

MEUREUDU - Komisi Independen Pemilihan (KIP) di Kabupaten Pidie Jaya (Pijay), Kota Subulussalam, dan Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (11/1), menggelar tes baca Quran kepada para bakal calon kepala daerah yang akan bertarung dalam Pilkada 2018.

Hingga tadi malam, baru Kabupaten Pijay yang diketahui telah mengumumkan hasil tes baca Quran, dimana hasilnya; semua kandidat dinyatakan lulus. Sedangkan untuk Kota Subulussalam dan Kabupaten Aceh Selatan, Serambi belum memperoleh informasi tentang hasil tes tersebut.

Tes baca Quran di Pijay dilaksanakan di Masjid Tgk Chik Pante Geulima, Meureudu, pukul 09.00 WIB, dan dihadiri oleh semua bakal calon. Warga dan para pendukung juga ikut hadir menyaksikan para jagoannya dites. Sementara pihak keamanan terlihat siaga mengamankan jalannya acara.

Pantauan Serambi, semua kandidat (empat pasangan) kompak menggenakan kemeja putih lengan panjang. Kesempatan pertama diberikan kepada Muhammad Yusuf (Yusuf Kreh Kroh) disusul pasangannya Ir H Anwar Ishak. Selanjutnya Ir H Yusri Yusuf (Yusri Melon) dan pasangannya Saifullah. Dilanjutkan oleh Tgk Muhibuddin dan HM Yusuf Ibrahim, dan terakhir H Aiyub Abbas dan pasangannya H Said Mulyadi.

Tim penguji terdiri dari tujuh orang. Terdiri dari unsur Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) dua orang, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) tiga orang, dan dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) sebanyak dua orang.

Aspek yang dinilai meliputi; tajwid dengan bobot nilai maksimal 50, aspek fashahah dengan bobot nilai 30, dan adab dengan bobot nilai maksimal 20, sehingga totalnya menjadi 100. “Untuk kelulusan, nilai minimal yang diperoleh adalah 50,” ungkap panitia tes baca Quran, Zakaria SAg.

Tak perlu menunggu lama, hasil tes tersebut langsung diumumkan oleh Ketua KIP Pijay, H Musman SH pada pukul 17.00 WIB, di hadapan perwakilan masing-masing paslon. Semuanya dinyatakan lulus tes baca Quran.

Sementara di Kota Subulussalam, tes baca Quran dilaksanakan di Masjid Almunawarah, Desa Subulussalam Selatan. Tes dihadiri oleh semua kandidat (lima pasangan), dan disaksikan langsung oleh warga dan pendukung dari masing-masing paslon.

Kesempatan pertama diberikan kepada Ustaz Sabaruddin, lalu secara berturut-turut H Anasri, Dedi Anwar Bancin SE, Hj Sartina, Drs Salmaza, drh Jalaluddin, Wagiman, Hj Asmidar, H Affan Alfian Bintang, dan H Asmauddin SE.

Ketua KIP Kota Subulussalam, Drs Syarkawi Nur, saat membuka acara tersebut menyampaikan, penilaian merupakan diserahkan sepenuhnya kepada tim juri yang berasal dari LPTQ, MPU, dan Kemenag. “Tidak ada intervensi atau titipan untuk meluluskan salah satu balon. Semuanya kami serahkan kepada tim juri,” tegas Syarkawi. Sesuai jadwal, hasil tes baca Quran akan diumumkan pada 15-16 Januari 2018.

Di Aceh Selatan, tes baca Quran dilaksanakan di Masjid Agung Istiqamah Tapaktuan dan dihadiri oleh semua kandidat (tujuh pasangan). Ada pun dewan juri di antaranya, Tgk Ahmad Ibrahim (Kepala Baitul Mal Aceh Selatan), Drs Syahril Anas (Imam besar Masjid Agung Istiqamah Tapaktuan), dan Tgk Rusdi Nur SPd.

“Penilaian diambil dari tiga aspek, yakni penguasaan tajwid (tata baca), fashahah (fasih), dan adab atau etika saat membaca Alquran,” jelas Tgk Ahmad Ibrahim yang juga Ketua Dewan Juri.

Hasil tersebut tersebut, sebagaimana diterangkan Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KIP Aceh Selatan, Edi Syahputra ST, merupakan salah satu syarat yang harus penuhi oleh masing-masing kandidat. “Rekomendasi yang diberikan tim juri merupakan salah satu syarat bagi pasangan calon,” ujarnya.

Pantauan Serambi, tes baca Quran berjalan lancar. Turut hadir Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Hendra Saputra SSi dan Komisioner Panwaslih Aceh Selatan lainnya, serta para pendukung dan simpatisan masing-masing pasangan. (ag/lid/tz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help