SerambiIndonesia/

Bener Meriah Terima Calon PPK

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bener Meriah mulai membuka penerimaan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)

Bener Meriah Terima Calon PPK
NET
Logo KIP Aceh 

* 30 Orang untuk 10 Kecamatan

REDELONG - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bener Meriah mulai membuka penerimaan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang. Direncanakan, akan diterima sebanyak 30 orang untuk ditempatkan di 10 kecamatan, dimana masing-masing kecamatan sebanyak 3 orang.

Ketua KIP Bener Meriah, Muhtaruddin, kepada Serambi, Jumat (12/1) mengatakan penerimaan anggota PPK dibuka selama 10 hari, dari 12 sampai 21 Januari 2018. Dikatakan, pada tahapan ini, para calon harus mengambil dan mengisi formulir pendaftaran sebelum diseleksi untuk mengikuti ujian tulis dan lainnya dengan waktu belum ditentukan.

“Berdasarkan UU PKPU Nomor 3 tahun 2018, untuk PPK sendiri hanya dibutukan tiga orang dengan usia minimal 17 tahun,” kata Muhtaruddin. Dia menjelaskan, pada peraturan sebelumnya, usia calon anggota PPK minimal 25 tahun, tetapi saat ini sudah diubah, sehingga remaja yang masih berusia 17 tahun sudah bisa mendaftar.

Tetapi, katanya, bagi masyarakat yang sebelumnya telah menjabat dan menjadi anggota PPK selama dua periode, maka tidak dibenarkan untuk mendaftar lagi. “Hal ini harus kita sampaikan, agar masyarakat yang telah menjadi anggota PPK selama periode tidak dibenarkan lagi mendaftar,” jelasnya.

Dia menjelaskan tidak akan mentoleransi calon anggota PPK yang terlibat dalam partai politik atau menjadi anggota partai politik dalam lima tahun terakhir ini. Mukhtaruddin menegaskan apabila ditemukan, secara otomatis akan dianulir dari tahapan seleksi.

“Jika tidak dilakukan, independensi dari KIP dapat dipertanyakan, sehingga akan menjadi masalah nantinya,” sebutnya. Dikatakan, KIP Bener Meriah akan menerima sebanyak 30 calon anggota PPK untuk 10 kecamatan dengan waktu pelantikan, paling lambat awal Maret 2018 mendatang.(c51)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help