SerambiIndonesia/

Rp 3,5 M untuk  Listrik Gratis

Pemkab Aceh Barat pada tahun 2018 kembali mengalokasikan anggaran Rp 3,5 miliar untuk program subsidi listrik

MEULABOH - Pemkab Aceh Barat pada tahun 2018 kembali mengalokasikan anggaran Rp 3,5 miliar untuk program subsidi listrik gratis untuk masyarakat miskin di kabupaten itu dengan jumlah penerima diperkirakan mencapai 10.000 ribu keluarga.

Kabid Pemukiman pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Aceh Barat Endi Alfian menjawab Serambi kemarin mengatakan subsidi listrik gratis untuk masyarakat miskin tahun 2018 jauh lebih besar dibandingkan tahun lalu. “Program listrik gratis ini menjadi tahun ketiga di Aceh Barat dilaksanakan. Tahun lalu dialokasikan Rp 1 miliar. Tapi tahun 2018 mencapai Rp 3,5 miliar,” ujarnya.

Menurutnya dana subsidi listrik gratis ini akan diberikan kepada keluarga miskin yang menggunakan listrik 2 amper (450 volt) dan 4 amper (900 volt). Setiap rumah sesuai dana plot anggaran (DPA) dalam APBK 2018 dialokasikan Rp 30 ribu/bulan yang diberikan dalam bentuk voucher. “Untuk pemohon yang masuk dari desa-desa sebanyak 12 ribu lebih. Tapi ke depan akan diverifikasi dulu calon penerima sesuai kriteria yang ditetapkan Pemkab,” katanya.

Dia sebutkan pembatasan dana subsidi listrik gratis Rp 30 ribu/bulan/rumah tersebut mengacu kepada tahun sebelumnya bahwa ada ditemukan penggunaan listrik terkadang membengkak dengan dalih dibayar Pemkab. “Maka dalam pembahasan antara Pemkab dan DPRK disepakati masing-masing rumah dibantu Rp 30 ribu/bulan. Kalau penggunaan lebih dari angka itu maka menjadi tanggung jawab masing-masing penerima untuk membayarnya,” katanya.

Kabid Pemukiman menambahkan rapat awal sudah dilakukan dengan pihak PLN. Dalam merealisasikan program ini diharuskan kepada calon penerima yang masih menggunakan listrik pascabayar untuk segera menggantinya ke listrik prabayar. Sebab pemberian subsidi akan diberikan dalam bentuk voucher.

Usul kWH Gratis
Kabid Pemukiman dari Dinas Perkim Aceh Barat Endi Alfian menambahkan bahwa Pemkab Aceh Barat melalui dana Otsus provinsi tahun 2018 juga sudah mengusulkan pemasangan meteran/kWH meter kepada 190 rumah miskin di Aceh Barat. Usulan itu disampaikan melalui Dinas Pertambangan dan Energi Aceh. “Harapan kita dapat dikabulkan sehingga rumah warga miskin yang belum berlistrik dapat terpasang tahun 2018 ini,” kata Endi.(riz)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help