Trisno Riyanto Kapolresta Banda Aceh

Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak melantik AKBP Trisno Riyanto SH sebagai Kapolresta Banda Aceh dan AKBP Syahrul SIK

Trisno Riyanto Kapolresta Banda Aceh
Kombes Pol T Saladin SH setelah serah terima jabatan Kapolresta Banda Aceh kepada AKBP Trisno Riyanto di hadapan Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak di Mapolda Aceh, Jumat (12/1/2018).foto/ IST 

* Syahrul Kapolres Sabang

BANDA ACEH - Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak melantik AKBP Trisno Riyanto SH sebagai Kapolresta Banda Aceh dan AKBP Syahrul SIK sebagai Kapolres Sabang. Pelantikan dua kapolres tersebut berlangsung dalam acara serah terima jabatan antara pejabat lama dengan pejabat baru di lobi Mapolda Aceh, Jumat (12/1).

AKBP Trisno Riyanto dilantik sebagai Kapolresta Banda Aceh menggantikan Kombes Pol T Saladin SH yang telah menjabat selama satu tahun Sembilan bulan, sejak dilantik Jumat 13 Mei 2016 oleh Kapolda Aceh kala itu, Irjen Pol Husein Hamidi. Kombes Pol Saladin sendiri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabid TIK Polda Aceh.

Sementara itu, AKBP Syahrul yang dilantik sebagai Kapolres Sabang, menggantikan AKBP Slamet Wahyudi yang telah menjabat selama satu tahun delapan bulan dan dipindah tugaskan menjadi Kapolres Lampung Tengah, Polda Lampung. Proses pelantikan dan serah terima jabatan tersebut berlangsung lancar, turut dihadiri oleh beberapa pejabat utama Polda Aceh serta beberapa personel lainnya.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak dalam sambutannya mengatakan, serah terima jabatan yang dilaksanakan di lingkungan Polri merupakan salah satu bagian dari siklus manajemen organisasi yang terencana. Tujuannya, kata Rio, untuk mengelola dinamika organisasi dan sekaligus sebagai wujud pembinaan bagi personel bersangkutan.

“Ini biasa dalam meniti karier di lingkungan Polri, dengan harapan akan diperoleh kemantapan dan pengalaman jabatan yang beragam, serta selanjutnya akan mampu menyongsong tantangan tugas di masa yang akan datang yang semakin dinamis,” sebut Irjen Pol Rio S Djambak.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Aceh mengucapkan terima kasih kepada Kombes Pol T Saladin dan AKBP Slamet Wahyudi SIK atas pengabdian dan darma bakti kedua perwira tersebut selama ini. Kepada keduanya, juga diucapkan selamat bekerja dan bertugas di tempat yang baru. “Selamat bertugas kepada saudara di tempat yang baru,” ujar Rio.

Sementara kepada AKBP Trisno Riyanto SH dan AKBP Syahrul SIK selaku pejabat baru, Irjen Pol Rio menegaskan bahwa keduanya adalah unsur pelaksana utama kewilayahan di tingkat polres. Mereka dituntut untuk menyelenggarakan tugas pokok Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dan menegakkan hukum. “Serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dan melaksanakan tugas-tugas Polri lainnya di wilayah hukum masing-masing,” tambahnya.

Bukti Pimpinan Berikan Kepercayaan
Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak juga mengatakan, jabatan baru yang diberikan adalah bukti bahwa pimpinan memberikan kepercayaan dan mandat. Oleh sebab itu, kepercayaan itu harus dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab, sehingga mampu memberikan perubahan yang konstruktif.

“Amanah ini harus memberikan efek positif bagi kinerja satuan yang saudara pimpin. Perubahan ini tentunya disertai harapan kepada personel yang ditunjuk sebagai pejabat baru, untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya,” ujar Rio.

Ia juga menyebutkan, tantangan tugas yang dihadapi Polri ke depan akan semakin berat, golobalisasi, dan demokratis, dan telah mendorong masyarakat bersikap lebih kritis. Di sisi lain, modus operandi kejahatan juga semakin beragam.

“Untuk itu kedekatan personel Polri dengan masyarakat yang selama ini telah terjalin dengan baik harus ditingkatkan agar masyarakat secara cepat dapat mengidentifikasikan masalah-masalah yang berkembang di lingkungannya,” pungkas Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak.(dan)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help