SerambiIndonesia/

PLN: Ganti kWh Meter ke Prabayar

Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Meulaboh mendorong agar para pelanggan mengalihkan meteran listrik

PLN: Ganti kWh Meter ke Prabayar
ilustrasi 

* Untuk Bisa Mendapat Subsidi Listrik Gratis

MEULABOH - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Meulaboh mendorong agar para pelanggan mengalihkan meteran listrik (kWh meter) dari pascabayar ke prabayar. Pengalihan dapat dilakukan dengan gratis.

“Pelanggan hanya cukup membeli token/voucher Rp 20 ribu dan membeli meterai 6.000,” kata Manajer PLN Area Meulaboh Redi Zusanto kepada Serambi kemarin. Menurutnya pihak PLN sudah mendapat informasi secara lisan dari pejabat Pemkab Aceh Barat terkait program listrik gratis dalam tahun 2018. Listrik gratis akan diberikan kepada warga miskin atau pelanggan yang menggunakan listrik prabayar.

Dia sebutkan bagi pelanggan yang belum menggunakan meteran prabayar atau selama ini menggunakan pascabayar agar menggantinya ke sistem meteran prabayar. “PLN siap menyukseskan program Pemkab ini termasuk penyediaan kWh meter prabayar,” kata Redi.

Dia sebutkan realisiasi program Pemkab Aceh Barat tersebut ke depan akan dituangkan dalam nota kerja sama antara Pemkab Aceh Barat dengan PLN. Termasuk penyediaan token/voucher yang akan diberikan kepada pelanggan yang disubsidi Pemkab Aceh Barat dalam program listrik gratis. “Bila ada pelanggan yang inginkan mengganti kWh meter dari pascabayar ke prabayar silakan datang ke PLN,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya Pemkab Aceh Barat pada tahun 2018 kembali mengalokasikan anggaran Rp 3,5 miliar untuk program subsidi listrik gratis untuk masyarakat miskin di kabupaten itu dengan jumlah penerima diperkirakan mencapai 10.000 ribu keluarga.

“Program listrik gratis ini menjadi tahun ketiga di Aceh Barat dilaksanakan. Tahun lalu dialokasikan Rp 1 miliar. Tapi tahun 2018 mencapai Rp 3,5 miliar,” ujar Kabid Pemukiman pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Aceh Barat Endi Alfian.

Menurutnya dana subsidi listrik gratis ini akan diberikan kepada keluarga miskin yang menggunakan listrik 2 amper (450 volt) dan 4 amper (900 volt). Setiap rumah sesuai dana plot anggaran (DPA) dalam APBK 2018 dialokasikan Rp 30 ribu/bulan yang diberikan dalam bentuk voucher. Dalam merealisasikan program ini diharuskan kepada calon penerima yang masih menggunakan listrik pascabayar untuk segera menggantinya ke listrik prabayar.

Sebab pemberian subsidi akan diberikan dalam bentuk voucher. Manajer PLN Area Meulaboh Redi Zusanto menambahkan Pemkab Aceh Jaya sesuai informasi tahun 2018 juga kembali melanjutkan program listrik gratis kepada masyarakat miskin di kabupaten itu. Program listrik gratis sudah direalisasikan beberapa tahun lalu. “Tahun lalu program listrik gratis ini juga dilakukan dalam bentuk prabayar,” katanya.

Sementara itu Manajer PLN Area Meulaboh Redi Zusanto menjelaskan hingga April 2018 belum ada data perubahan terhadap penghapusan subsidi listrik di empat kabupaten wilayah PLN Meulaboh. Sesuai data Januari 2017 penghapusan subsidi listrik oleh pemerintah pusat untuk Aceh Barat sebanyak 23.895 pelanggan, Aceh Jaya 15.962 pelanggan, Nagan Raya 11.898 pelanggan dan Simeulue 9.819 pelanggan.

Sementara yang masih menerima subsidi listrik di Aceh Barat 5.581 pelanggan, Aceh Jaya 4.568 pelanggan, Nagan Raya 2.202 pelanggan dan Simeulue 4.251 pelanggan.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help