Putra Lhoknga Raih Doktor di IPB  

Purwana Satriyo, putra kelahiran Gampong Mon Ikuen, Lhoknga, Aceh Besar, Rabu (10/1) lalu, meraih gelar

Putra Lhoknga Raih Doktor di IPB   
Purwana Satriyo 

BANDA ACEH - Purwana Satriyo, putra kelahiran Gampong Mon Ikuen, Lhoknga, Aceh Besar, Rabu (10/1) lalu, meraih gelar doktor di IPB Bogor, setelah sukses mempertahankan disertasi dengan titel, Analisis Daya Dukung DAS Berdasarkan Jejak Air Untuk Pengelolaan DAS Krueng Aceh.

Sebelumnya, Purwana yang akrab disapa Iwan di Mon Ikuen itu, juga menuntaskan pendidikan strata 1 dan 2 nya di IPB Bogor. Disertasi promosi doktor itu disetujui Prof Dr Ir Hidayat Pawitan selaku ketua, serta Dr Ir M Yanuar J Purwanto MS dan Dr Ir Yayat Hidayat MSi, selaku anggota.

Penelitian untuk bahan disertasi doktoral itu dilaksanakan sejak bulan Januari tahun 2016. Salah satu tujuan penelitian adalah pendekatan jejak air (water footprint) guna mempertahankan daya dukung daerah aliran sungai (DAS) dalam pengelolaan sumber daya air (DAS) di Krueng Aceh.

Disebutkan, kondisi keseimbangan air dapat menggambarkan tingkat efisiensi air yang ada dari kinerja prasarana sumber daya air dan pola penghematan dari penggunaan air saat ini di setiap wilayah.

Keseimbangan ketersediaan dan kebutuhan air di masa mendatang dipengaruhi oleh dinamika pola konsumsi dan efisiensi penggunaan air.

Uji disertasi doktoral itu ikut dihadiri Ny Safrida Nur (istri Iwan) dan tiga anak mereka. Hadir juga Dekan Fakultas Pertanian Unsyiah, Dr Ir Agussabti, Suradji Junus (Wakil Wali Kota Sabang), serta beberapa perwakilan dari paguyuban warga Aceh di Bogor, seperti FORKUB, IKAMAPA, FORDAS IPB, IMTR, TIM. “Kami warga Aceh di Bogor, ikut bangga dengan raihan prestasi Purwana Satrio, semoga ilmu yang ia peroleh menjadi referensi untuk menyelamatkan DAS Krueng Aceh yang kini terus menanggung beban berat sebagai sungai multi peran untuk warga Aceh Besar dan banda Aceh,” kata Nyonya Yun Yazar, seorang tokoh wanita Aceh di Bogor, tadi malam.(nur)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help