SerambiIndonesia/

Tafakur

Kendaraan

Wahai orang-orang beriman, janganlah harta bendamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah

Kendaraan

Oleh: Jarjani Usman

“Wahai orang-orang beriman, janganlah harta bendamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Dan siapa berbuat demikian, maka mereka itulah orang-orang yang rugi” (QS. al-Munafiqun: 9).

Beribadah sudah lebih mudah di zaman yang semakin maju. Kendaraan telah sangat membantu menghemat waktu dan tenaga dalam perjalanan. Bahkan, kendaraan sudah lebih dari sekedar alat tunggangan untuk meraih tempat tujuan yang diinginkan. Tetapi telah menjadi alat untuk menunjukkan gengsi sekaligus kebanggaan berlebihan bagi kebanyakan orang. Buktinya, sangat sedikit orang datang dengan kendaraannya untuk melakukan ibadah paling utama, seperti shalat.

Mungkin banyak orang berpikir, percuma menghabiskan minyak dan menyebabkan kendaraan kotor kalau sekedar untuk shalat. Akibatnya, bila hujan, tak mau shalat berjamaah karena kendaraannya menjadi kotor.

Namun bila untuk acara-acara pesta dan minum kopi di warung-warung, kendaraan bagus akan digunakan walaupun hujan dan parkir pas di depannya agar dilihat orang banyak. Makanya tidak mengherankan, banyak kendaraan mewah terparkir pada saat-saat demikian.

Bisa jadi, itu suatu pertanda bahwa pikiran kebanyakan kita telah cenderung dan mencari dan menggunakan harta untuk berbangga-bangga riya atau menyombongkan diri. Yang demikian tentunya berdosa.

Padahal semua harta itu adalah pinjaman dari Allah. Sehingga sepatutnya penggunaannya juga di jalan Allah, bukan malah melupakanNya.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help