Menteri Yohanna Telepon Bupati Asmat Terkait 61 Anak Meninggal akibat Campak dan Gizi Buruk

Tim kesehatan dari Pemda setempat sudah diterjunkan ke 23 distrik (kecamatan) yang mencakup 224 kampung untuk mencegah penularan

Menteri Yohanna Telepon Bupati Asmat Terkait 61 Anak Meninggal akibat Campak dan Gizi Buruk
Anak-anak di Asmat mendapat perawatan medis.(KOMPAS.com/Jhon Roy Purba) 

SERAMBINEWS.COM - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohanna Yembise berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan terkait wabah campak dan gizi buruk yang tengah melanda Kabupaten Asmat, Provinsi Papua.

Seperti diketahui, menurut pemerintah daerah setempat, tercatat 61 anak meninggal dunia terkena wabah campak dan gizi buruk sejak September 2017 hingga saat ini.

“Akan saya cek hari ini untuk kita koordinasi. Nanti kita tindak lanjuti, kordinasi dengan Menteri Kesehatan,” katanya di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Senin (15/1/2018).

Tak hanya itu, untuk memastikan keadaan anak-anak tersebut, pihaknya juga bakal menelpon Bupati Asmat. “Saya akan telepon Bupati juga,” katanya.

Baca: Gunung Api di Papua Nugini Meletus, Padahal tidak Tercatat Sebagai Gunung Api Aktif

Tim kesehatan dari Pemda setempat sudah diterjunkan ke 23 distrik (kecamatan) yang mencakup 224 kampung untuk mencegah penularan wabah campak yang lebih besar.

Sejak September 2017 hingga 11 Januari 2018, RSUD Asmat dilaporkan merawat ratusan pasien campak. Sebanyak 393 orang mejalani rawat jalan dan 175 orang rawat inap.

Penyakit campak juga ditemukan di beberapa tempat dan distrik di Kecamatan papua, seperti Suator, Distri Sawa Erma, Distrik Akat, dan Kota Agats. Sementara untuk gizi buruk juga ditemukan di Kota Agats, Kampung Yousakor, Distrik Sirets.

Berita ini telah ditayangkan pada kompas.com dengan judul : 61 Anak Meninggal akibat Campak dan Gizi Buruk, Menteri Yohanna Telepon Bupati Asmat

Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved