Gemar Berderma, Bill Gates Lunasi Utang Nigeria Rp 950 Miliar dan Ini Sumber Kekayaannya

Itulah sebabnya, pada saat melakukan pelepasan saham perdana ke publik pada tahun tersebut, Gates masih memegang 45 persen

Gemar Berderma, Bill Gates Lunasi Utang Nigeria Rp 950 Miliar dan Ini Sumber Kekayaannya
youtube.com
Bill Gates 

SERAMBINEWS.COM - Bill Gates lagi-lagi turun tangan dalam aksi amal. Dia melunasi utang negara Nigeria ke Jepang senilai 76 juta dollar AS atau setara Rp 950 miliar. Negeria meminjam dana dari Jepang pada 2014 dalam rangka memerangi penyakit polio.

Meski tampak sangat besar dengan jumlah hampir Rp 1 triliun rupiah, bantuan dari Gales tersebut sebenarnya hanya seujung kuku dari nilai kekayaan totalnya yang tercatat sebesar 91,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.243 triliun pada akhir 2017 lalu.

Dari mana datangnya harta luar biasa besar milik Gates, sang miliarder yang gemar berderma itu?

Tolak pemodal

Bernama lengkap William Henry Gates III, pria 62 tahun tersebut mendirikan perusahaan software Microsoft bersama rekannya sesama geek, Paul Allen, pada 1975.

Berbeda dari perusahaan-perusahaan teknologi yang lebih baru seperti Facebook, Google, dan Twitter, Gates justru menolak penanaman modal dari venture capitalist.

Pemodal bisa bisa mempercepat pertumbuhan perusahaan di masa-masa awal, namun mereka akan menguasai sebagian saham perusahaan. Sementara, Gates tak ingin dikendalikan oleh investor, dan perusahaannya memang tak butuh suntikan modal.

"Dengan laba sebelum pajak sebesar 34 persen dari pendapatan, Microsoft tidak memerlukan uang dari luar untuk berkembang," tulis Fortune dalam sebuah artikel lama yang dipublikasikan setelah IPO Microsoft pada 1986.

Baca: Jika Bill Gates Jatuh Miskin, Dia akan Memelihara Ayam Saja Sebab Alasan Ini

Itulah sebabnya, pada saat melakukan pelepasan saham perdana ke publik pada tahun tersebut, Gates masih memegang 45 persen saham Microsoft yang nilainya mencapai 350 juta dollar AS.

Halaman
123
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved