Citizen Reporter

Islandia, Negeri yang Airnya Terbaik di Dunia

ISLANDIA adalah sebuah negara yang luas wilayahnya 100.250 kilometer persegi atau hampir dua kali luas Provinsi Aceh

Islandia, Negeri yang Airnya Terbaik di Dunia
KARTINI HASBALLAH

OLEH DR KARTINI HASBALLAH MS, Apt, Staf Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, melaporkan dari Reykjavik, Islandia

ISLANDIA adalah sebuah negara yang luas wilayahnya 100.250 kilometer persegi atau hampir dua kali luas Provinsi Aceh, dengan jumlah penduduk sekitar 350.000 jiwa. Islandia terletak di sebuah pulau yang dikelilingi oleh Samudra Atlantik Utara dan dekat dengan Kutub Utara.

Islandia adalah negara kepulauan yang tak mempunyai perbatasan darat dengan negara lain di dunia. Negara terdekat Islandia adalah Norwegia di sebelah timur, Britania Raya dan Irlandia di sebelah tenggara, dan Pulau Greenland (Tanah Hijau) milik Kerajaan Denmark di sebelah barat laut dan utara.

Dulu Islandia merupakan bagian wilayah negara Denmark yang kemudian merdeka pada tahun 1944. Ibu kota negara Islandia adalah Reykjavik. Islandia termasuk negara paling aman di dunia dan tingkat polusi paling rendah di dunia. Penduduk lokal di Islandia sangatlah ramah. Penghasilan negara ini umumnya berasal dari pariwisata dan perikanan. Nelayan biasanya mendapatkan penghasilan melalui tangkapan ikan coch dan ikan traut yang berasal dari jenis ikan salmon.

Perjalanan dari Kopenhagen menuju Bandara Keflavik, Islandia, dengan pesawat terbang kami tempuh selama tiga jam. Pesawat mendarat mulus walaupun cuaca hujan dan di landasan bandara terdapat butiran-butiran es. Tampak pilotnya sudah sangat berpengalaman. Saat itu di Bandara Keflavik yang terlihat hanyalah dua jenis pesawat, yaitu Wow Air dan Icelandair.

Saat saya dan suami (Dr Rusly Aly, SpTHT-KL) berada di Islandia, negara ini sedang musim dingin dengan suhu sekitar 1-2 derajat Celcius sehingga di sepanjang jalan, di sekeliling rumah, dan hotel dikelilingi oleh salju. Untunglah di dalam kamar hotel ada heater (pemanas ruangan).

Di sini air dari kerannya dapat langsung diminum, karena sanitasinya sangat baik, sehingga air yang diminum terasa sangat segar. Bahkan ada hotel yang menulis dekat keran air, “Some says, it Is one of the best water in the world.”

Hari pertama di sana, perjalanan kami awali dari Keflavik. Kemudian berakhir ke Blue Lagoon untuk melepaskan lelah setelah perjalanan yang cukup panjang dengan berendam air panas di resor pemandian air panas alami yang terkenal di dunia. Blue Lagoon adalah danau yang berwarna biru, airnya terasa asin, suhu airnya 37-39 derajat Celcius. Bayangkanlah betapa senangnya hati di tengah musim dingin yang menusuk tulang, tiba-tiba kepada kita disuguhi pemandian air panas.

Sore harinya, langit tampak mulai gelap, kami makan malam dan menginap di salah satu hotel di Reykjavik. Esok harinya, kami ke Taman Nasional Pingvellir tempat didirikannya parlemen tertua di dunia, yaitu pada tahun 930. Di sini kita dapat lihat garis belahan lempeng tektonik antara Amerika dan Eropa yang ditetapkan Unesco sebagai warisan budaya dunia.

Dari Taman Pingvellir, perjalanan kami lanjutkan ke Gulfoss. Air terjun ini dapat dilihat dari atas bukit, betapa indahnya ciptaan Allah Subhanahu wa ta’ala.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved