Empat Bus Sempati yang Kecelakan Langgar Izin Trayek, Ini Daftarnya

Dari semua kecelakaan tersebut, korban meninggal dunia sebanyak tercatat sebanyak 12 orang.

Empat Bus Sempati yang Kecelakan Langgar Izin Trayek, Ini Daftarnya
SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI
Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Aceh, Nizarli SSiT MT. 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh mencatat, kecelakaan yang melibatkan bus Sempati Star di jalan nasional di Aceh sebanyak 12 kali.

Semua kecelakaan itu terjadi sejak 2017 hingga awal 2018, termasuk dua kecelakan yang terjadi sekaligus, dua hari lalu di Aceh Utara dan Subulussalam.

Dari semua kecelakaan tersebut, korban meninggal dunia sebanyak tercatat sebanyak 12 orang.

“Tapi kecelakaan ini tidak selalu salah atau diakibatkan oleh bus Sempati Star, seperti kecelakaan di Trienggadeng beberapa waktu lalu, ini salah bukan bus tapi korbannya,” kata Kadishub Aceh, Drs Zulkarnain MSi, dalam rapat evaluasi di Dishub Aceh, Jumat (19/1/2018).

Nah, dari 12 kecelakaan itu, Dishub Aceh mencatat, ada empat bus Sempati Star yang ternyata melanggar izin trayek atau tidak memiliki izin trayek.

Daftar kejadian lakalantas Bus Sempati Star.
Daftar kejadian lakalantas Bus Sempati Star. (SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI)

Pertama bus dengan BL 7558 AA yang mengalami kecelakaan di Subulussalam pada 22 April 2017. Selanjutnya, bus BL 7703 AA, kecelakan di Jambo Aye, Aceh Utara pada 24 Oktober 2017.

Kemudian, bus 7552 AA, kecelakaan di Trienggadeng, Pidie Jaya, 22 Desember 2017. Dua bus lainnya adalah bus BL 7553 kecelakaan di Muara Batu, Aceh Utara dan satu lagi bus yang sama yakni BL 7558 AA bus yang pernah kecelakaan di Subulussalam pada 22 April 2017 lalu kecelakaan lagi pada Kamis lalu.

“Selain lima bus itu yang tidak memiliki izin trayek, dua bus lainnya juga menyimpang trayek. Bus yang tidak memiliki izin trayek itu sebenarnya sedang dalam usulan penambahan armada,” kata Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Aceh, Nizarli SSiT MT dalam rapat evaluasi Sempati Star di Dishub Aceh, Jumat (19/1/2018). (*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help