Dua Wasit di Aceh Barat Terancam Sanksi

Dua wasit di Aceh Barat terancam sanksi oleh Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI setempat setelah terlibat

Dua Wasit di Aceh Barat Terancam Sanksi
Para wasit mengikuti pengarahan pada brefing penyegaran wasit untuk kesiapan pelaksanaan Maraton Tsunami Game di kantor KONI Aceh Jaya 

MEULABOH - Dua wasit di Aceh Barat terancam sanksi oleh Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI setempat setelah terlibat dalam pelaksanaan turnamen sepakbola U-12 di Kecamatan Meureubo, 20-21 Januari 2018. Dua wasit tersebut, Joko Pratama dan Riko Sanjaya.

Ketua Askab PSSI Aceh Barat, Akrim kepada Serambi petang kemarin berjanji segera memanggil wasit yang menjadi pengadil di Meureubo. “Wasitnya harus kita panggil, dari mana mereka mendapatkan perintah untuk memimpin pertandingan ini. Karena, PSSI Aceh Barat tak pernah mengutus siapa pun wasit untuk even tersebut,” kata Akrim.

Ia menegaskan, sesuai aturan yang ada, setiap pertandingan sepak bola hanya PSSI yang berhak mengutus wasit untuk menjadi pengadil di lapangan hijau.

Terkait persoalan ini, pihaknya akan mengambil sikap tegas apabila nantinya ada wasit yang melanggar aturan dan tugasnya, karena memimpin pertandingan yang sama sekali tak pernah direkomendasikan kegiatannya oleh Askab PSSI Aceh Barat. “Nanti kita lihat sanksinya seperti apa, karena jika terbukti melanggar, kesalahannya sangat fatal,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, ia melaporkan, kemarin siang, PSSI Aceh Barat sempat menghentikan pelaksanaaan turnamen itu. Penghentian kegiatan turnamen ini dihentikan karena dinyatakan ilegal karena tak sesuai dengan aturan yang berlaku. “Kegiatan ini juga belum mendapatkan rekomendasi dari Askab PSSI Aceh Barat,” sebutnya.

Setelah pihaknya melakukan koordinasi dengan kalangan pengurus dan pihak terkait lainnya guna membahas persoalan ini, akhirnya menjelang sore kemarin pihaknya kembali mengizinkan turnamen ini dilanjutkan dengan catatan kegiatan tersebut, sepenuhnya menjadi tanggungjawab panitia penyelenggara, dan bukannya tanggungjawab PSSI Aceh Barat.(edi)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved