BkkbN Aceh Gelar Orientasi Ujicoba SIGA

Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) Aceh, Senin (22/1) mengadakan Orientasi

BkkbN Aceh Gelar Orientasi Ujicoba SIGA
KEPALA Perwakilan BkkbN Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd (dua kanan) memberikan sambutan saat membuka Orientasi Uji Coba Sistem Informasi Data Keluarga (SIGA) bagi Petugas Pencatatan Pelaporan di Aula Kantor Balai Penyuluh Kecamatan Sukakarya, Sabang, Senin (22/1). 

SABANG - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) Aceh, Senin (22/1) mengadakan Orientasi Ujicoba Sistem Informasi Data Keluarga (SIGA) bagi Petugas Pencatatan Pelaporan. Acara itu berlangsung di Aula Kantor Balai Penyuluh Kecamatan Sukakarya, Sabang.

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Perwakilan BkkbN Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd. Turut hadir Kadis Kesehatan dan Keluarga Berencana Sabang, Zulkifli SH, Faridah SE MM dan Zulfhadli SE selaku Kabid Advokasi Penggerakan, dan Informasi (Adpin) serta Kasubbid Data dan Informasi (Datin) Perwakilan BkkbN Aceh.

Dalam pidatonya, Sahidal mengatakan, orientasi itu bertujuan untuk mempersiapkan Sabang sebagai salah satu daerah terpilih untuk ujicoba sistem informasi pencatatan dan pelaporan perkembangan program KB model formulir terbaru dan merupakan pelaporan berbasis IT yang terkoneksi ke BkkbN Aceh dan Pusat.

“BkkbN terus berinovasi dan kreatif dalam menyampaikan dan melaksanakan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Sistem informasi pencatatan dan pelaporan perkembangan program KB model formulir terbaru dan merupakan pelaporan berbasis IT yang sangat diperlukan oleh BkkbN dan mitra kerja,” ungkap Sahidal.

Kabid Adpin Perwakilan BkkbN Aceh, Faridah SE MM menambahkan, orientasi yang sama juga akan dilaksanakan di kabupaten/kota lain di Aceh. Orientasi itu, sebutnya, diikuti 40 peserta yang terdiri atas bidan Puskesmas dan Puskesmas pembantu serta penyuluh KKBPK.

Selain menghadiri orientasi SIGA, Kepala Perwakilan BKKBN Aceh juga melakukan pertemuan dengan Wakil Wali Kota Sabang, Suradji Yunus, Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut Sabang, dan Danramil Kodim sabang. Pertemuan itu dimaksudkan untuk menyiapkan Bakti Sosial KB-TNI yang akan berlangsung April mendatang.

Menurut Faridah, bakti Sosial KB-TNI merupakan kegiatan lanjutan kerja sama TNI dan BkkbN yang sudah berjalan sejak lama. “Untuk tahun ini rencananya akan kita laksanakan di Sabang yang mempunyai basis TNI lengkap dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara,” demikian Faridah.(rel/jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved