Expert Meeting Lagu Hymne Aceh belum Hasilkan Rekomendasi Selama Dua Jam

memang terjadi perdebatan di masyarakat tentang penggunaan bahasa. Tapi semangat menjaga dan melestarikan bahasa Aceh menjadi penting

Expert Meeting Lagu Hymne Aceh belum Hasilkan Rekomendasi Selama Dua Jam
IST
Jaring pendapat yang dilakukan Balai Syura Ureung Inong Aceh (BSUIA), melalui Expert Meeting, soal lagu Hymne Aceh, sejak pukul 14.00-16.00, belum menghasilkan rekomendasi apapun, Senin (22/1/18). 

Laporan Nani HS | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Jaring pendapat yang dilakukan Balai Syura Ureung Inong Aceh (BSUIA), melalui Expert Meeting, menyoal lagu Hymne Aceh, sejak pukul 14.00-16.00, belum menghasilkan rekomendasi apapun, Senin (22/1/18).

Acara di Aula Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Aceh Aceh tersebut, sedianya untuk mendapatkan pandangan, komentar, usulan, rekomendasi, strategi terhadap proses hymne Aceh, sebagai bakal bahan advokasi ke DPRA.

Terutama soal penggunaan bahasa lirik lagu, yang belakangan ditengarai bisa memicu konflik, karena mengabaikan aspirasi kelompok masyarakat tertentu.

Baca: DPRA Rekom Hymne Aceh Ciptaan Seorang Warga

Paparan Presidium BSUIA, Suraiya Kamaruzzaman, diskusi soal hymne sangat panjang dilakukan oleh gerakan perempuan (Gerper), dengan asumsi bisa berpotensi mengganggu damai Aceh.

Diperkuat dengan hasil pemetaan masalah Hymne yang sangat pro dan kontra.

Begitupun proses lahirnya Hymne yang difasilitasi oleh DPRA tersebut, terdapat proses Focus Group Discussion (FGD) atau diskusi kelompok terarah yang kurang partisipatif.

"Yang menolak karena menilai berpotensi konflik sangat banyak, hanya beberapa yang menilai persoalan hymne ini masalah dan tidak berpeluang konflik. Banyak pihak mengingatkan masalah hymne berpotensi mengganggu damai karena bahasa di Aceh juga beragam," kata Suraiya.

Baca: Harmoni Bersama Hymne Aceh

Halaman
1234
Penulis: Nani HS
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved