Droe Keu Droe

Apresiasi untuk Satgas Jalan Tol Aceh

SEJAK dicanangkan pembangunan Jalan Tol Sumatera oleh pemerintahan Jokow-JK sebagai bagian dari implementasi Nawa

Apresiasi untuk Satgas Jalan Tol Aceh
NET
Ilustrasi jalan tol. 

SEJAK dicanangkan pembangunan Jalan Tol Sumatera oleh pemerintahan Jokow-JK sebagai bagian dari implementasi Nawa Cita ketiga, yakni membangun Indonesia dari pinggir/desa DPD RI Dapil Sumatera sangat mendukungnya.

Di sisi lain sebagai anggota Dapil Aceh sejak Kementerian PPN/Kepala Bappenas, di mana saat Andrinof Chaniago sebagai menterinya dalam rapat-rapat Komite IV DPD RI dengan kementerian ini, saya minta agar Jalan Tol Sumatera itu dimulai dari Lampung dan Aceh, sehingga bertemu di wilayah tengah Sumatera.

Permintaan seperti itu, terus saya ulang-ulang di era Sofyan Djalil dan Bambang Sumantri Brodjonegoro sebagan Menteri PPN/Kepala Bappenas. Saya berhenti permintaan ini setelah Presiden Jokowi menyatakan bahwa Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Sumatera dengan tahapan-tahapannya, pelaksanaan pembangunannya juga dimulai dari Aceh.

Seperti diberitakan, Satgas Pembangunan Jalan Tol Aceh sudah mengukur tanah-tanah yang akan menjadi lokasi/jalur jalan tol dari kilometer pertama di satu kecamatan di Aceh Besar, di mana dalam perjalanannya tidak mengalami kendala yang berarti (Serambi, 19/1/2018). Dengan info yang menggembirakan ini, kita optimis bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama tahap awal pembangunan Jalan Tol Aceh sampai ke Kebupatan Pidie sejauh 74 km akan menjadi kenyataan.

Karena sejak awal dicanangkan pembangunan Jalan Tol Sumatera oleh Pemerintahan Jokowi-JK semua Senator Dapil Sumatera sangat mendukungnya, wabil khusus Privinsi Aceh yang dalam pelaksanaannya dimasukkan program tahap awal pembangunannya dan pada saat yang bersamaan Satgas Pembangunan Jalan Tol itu sudah menunjukkan kemajuan kinerjanya. Saya salut dan menyampaikan apresiasi.
Kita sangat mengharapkan Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Sumatera/Aceh dengan dana APBN yang sifatnya multy years proses dan tahapan pembangunannya berlangsung tanpa kendala. Dengan demikian dalam waktu yang tidak terlalu lama Jalan Tol Sumatera di Aceh akan selesai dan manfaatnya akan dapat dirasakan oleh masyarakat, baik dalam kaitannya dengan mobilitas manusia maupun barang dan jasa, serta berbagai multiplier effect lainnya.

Ghazali Abbas Adan
Anggota Komite IV DPD RI Dapil Aceh. Email: ghazali.adan@gmail.com

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help