Millenials

Cowok Keren Asal Bireuen Ini Bisa Ubah Tempat Kumuh Jadi Spot Foto Selfie

Kemampuannya berimajinasi dan meramu warna di tembok pinggiran kota, membuat Arnis begitu populer...

Cowok Keren Asal Bireuen Ini Bisa Ubah Tempat Kumuh Jadi Spot Foto Selfie
SERAMBINEWS.COM/HARI MAHARDIKA
Muhammad Arnis 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sudah mulai menggambar di jalanan sejak tahun 2013, cowok gondrong nan kece satu ini sangat doyan dengan sudut kota yang kumuh.

Pemilik nama Muhammad Arnis ini punya keahlian mengubah tembok bangunan yang kumuh menjadi spot foto selfie yang bernilai artistik.

Mural-1
Mural-1 (SERAMBINEWS.COM/HARI MAHARDIKA)

Kemampuannya berimajinasi dan meramu warna di tembok pinggiran kota, membuat Arnis begitu populer di kalangan seniman street art Aceh saat ini.

“Awalnya suka corat-coret di kertas. Terus jadi penasaran gimana ya kalau media gambarnya lebih besar seperti tembok.Ternyata seru!” Kata pemuda kelahiran Bireuen, 29 Januari 1993 ini saat ditemui di sebuah gedung di kawasan Taman Sari, Banda Aceh, Rabu (24/1).

Arnis pun menunjukkan karya muralnya yang beraliran free style di beberapa sudut bangunan yang tidak digunakan lagi itu.

Muhammad Arnis
Muhammad Arnis (SERAMBINEWS.COM/HARI MAHARDIKA)

Bagi Arnis, mural sudah menjadi bagian dari kesehariannya yang tak terpisahkan. Awalnya Arnis menjalankan aksi muralnya dengan sembunyi-sembunyi, karena mindset masyarakat Aceh terhadap ekspresi jalanan masih kurang baik.

Tapi seiring berjalannya waktu, karya Arnis mulai menuai pujian dari kawula muda Banda Aceh.

“Akhirnya mulai dapat job gambar di kafe-kafe Banda Aceh hingga Medan. Selain itu aku juga sering ikut pameran mural di beberapa kota,” ujar cowok murah senyum ini. Bahkan dalam waktu dekat, lanjutnya, dia akan berpartisipasi dalam pameran mural di Pulau Dewata, Bali.

Dalam menggambar Mural, Arnis memiliki karakter khas yang kerap diselipkan di setiap gambarnya. Karakter ikan dan bunga. Dua bentuk gambar ini menjadi identitasnya di kalangan seniman street art Aceh.

Mural-2
Mural-2 (SERAMBINEWS.COM/HARI MAHARDIKA)

“Jadi kalau pun tidak ditulis nama, orang-orang tetap tahu kalau ini gambar si arnis. Dua karakter itu sering aku kombinasikan dengan tokoh imajinasiku,” jelasnya, dan menyebut kesukaannya terhadap bentuk ikan berawal dari hobi memelihara ikan laga (cupang) di masa kecil.

Halaman
12
Editor: Eddy Fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved