5 Februari, Target Pengesahaan APBA

Gubernur Irwandi Yusuf menyatakan Pemerintah Aceh terus berupaya agar pengesahan Rancangan Anggaran

5 Februari, Target Pengesahaan APBA
SAIFULLAH A GANI, Juru Bicara Pemerintah Aceh 

BANDA ACEH - Gubernur Irwandi Yusuf menyatakan Pemerintah Aceh terus berupaya agar pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (RAPBA) Tahun 2018 bisa dilakukan secepatnya, karena waktunya memang semakin mendesak dan rakyat menginginkan APBA 2018 segera disahkan.

Hal itu disampaikan Gubernur Irwandi saat menghubungi Serambi via telepon dari Jakarta, Selasa (30/1) pagi. Ia hanya berbicara singkat, karena menurutnya, keterangan terperinci Pemerintah Aceh mengenai RAPBA 2018 akan disampaikan ke media oleh Saifullah A Gani selaku Juru Bicara Pemerintah Aceh.

Kemarin sore, Saifullah A Gani di Banda Aceh menghubungi Serambi setelah ia bertemu dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Drs Dermawan MM, di rumah dinasnya.

Menurut Saifullah, Pemerintah Aceh saat ini berupaya keras agar pengesahan APBA 2018 (ketuk palu) paling lambat dilakukan pada 5 Februari 2018. Target waktu ini sesuai hasil pertemuan Pemerintah Aceh dengan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Drs Syarifuddin MM di Banda Aceh, 12 Januari lalu.

Komitmen tersebut, lanjut Saifullah, dapat dipenuhi apabila pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA dan PPAS) dilakukan antara Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRA.

Adapun pembahasan di tingkat komisi, menurutnya, akan menyita waktu lebih lama lagi, sedangkan rakyat Aceh ingin APBA 2018 segera disahkan.

Ia tambahkan bahwa pembahasan KUA dan PPAS antara TAPA dan Banggar DPRA sesuai dengan ketentuan Pasal 87 Permendagri Nomor 21 Tahun 2011 tentang Perubahan Kedua Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Pak Gubernur sudah komit, target pengesahan APBA 2018 adalah pada 5 Februari 2018,” pungkas Juru Bicara Pemerintah Aceh itu. (dik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved