12.035 KPM Abdya belum Terima Rastra Jatah Januari, Kenapa ?

Padahal, penyaluran secara simbolis sudah dilaksanakan Wakil Bupati, Muslizar MT di Aula Kantor Camat Blangpidie.

12.035 KPM Abdya belum Terima Rastra Jatah Januari, Kenapa ?
SERAMBI/ZAINUN YUSUF
Perum Bulog Sub Divre VI Blangpidie mendistribusikan beras keluarga prasejahtera (rastra) jatah Kecamatan Susoh, Abdya untuk alokasi Januari-Februari 2017 sebanyak 21.960 kg (21,960 ton) per bulan untuk 1.464 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Senin (17/4). SERAMBI/ZAINUN YUSUF 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Tidak kurang 12.035 KPM (keluarga penerima manfaat) tersebar dalam sembilan kecamatan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), belum menerima bantuan sosial beras sejahtera (Bansos Rastra) jatah Januari 2018 hingga memasuki Februari 2018 ini.

Padahal, penyaluran secara simbolis sudah dilaksanakan Wakil Bupati, Muslizar MT yang dipusatkan di Aula Kantor Camat Blangpidie pada 22 Januari lalu.

Kepala Perum Bulog Sub Divre VI Blangpidie, Elmar Findra ketika dihubungi Serambinews.com, Kamis (1/2/2018) menjelaskan, belum disalurkan rastra kepada 12.035 KPM karena belum ada perintah dari Pemkab Abdya, dalam hal ini Dinas Sosial setempat.

Baca: Bansos Rastra Segera Berubah Jadi Bantuan Nontunai, di Abdya Tercatat 12.035 Penerima

Jadwal penyaluran pun untuk setiap kecamatan juga belum diterima.

“Kita (Perum Bulog) siap menyalurkan rastra bila sudah ada perintah dan jadwal penyeluran dari Dinas Sosial Abdya,” ungkap Elmar Findra.

Kesiapan tersebut karena stok beras di Gudang Padang Baru, Susoh, Abdya tersedia dalam jumlah cukup tidak kurang 2.000 ton beras.

Sedangkan kebutuhan beras untuk 12.035 KPM sebanyak 120,035 ton per bulan karena setiap KPM menerima 10 kg rastra per bulan.

Jumlah rastra yang diterima oleh keluarga penerima manfaat tahun 2018 berkurang 5 kg dari jumlah yang diterima 2017 lalu sebanyak 15 kg.

Sementara Plt Kepala Dinas Sosial Abdya, Amri ST ketika ditanya Serambinews.com mengakui bahwa belum meminta Perum Bulog Sub Divre VI Blangpidie untuk menyalurkan bansos rastra ke kecamatan.

Ini dikarenakan sedang dilakukan persiapan adminsitrasi, yaitu Tim Koordinasi dan Evaluasi Bansos Rastra dan BPNT 2018 belum diteken SK oleh Bupati Abdya.

Bila SK tim tersebut sudah diteken pimpinan, maka segera diminta Perum Bulog untuk menyalurkan ke kecamatan-kecamatan.

“Paling lambat hari Senin depan sudah dimulai penyaluran diawali dari Kecamatan Blangpidie,” kata Amri.  (*)

Berita selengkapnya baca Harian Serambi Indonesia edisi Jumat (2/2/2018), besok.

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help